Festival Kupat-Lepet Kembali Digelar di Tengah Kemeriahan Lomban Jepara

0
Suasana Festival Kupat Lepet yang digekar dalam memeriahkan acara tradisi Lomban di Jepara (Foto:SN/dok-hp)
Suasana Festival Kupat Lepet yang digekar dalam memeriahkan acara tradisi Lomban di Jepara (Foto:SN/dok-hp)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Festival ”Kupat Lepet” kini kembali digelar sepekan setelah Lebaran, sebagai rangkaian dalam memeriahkan suasana Lomban di Jepara. Ajang tersebut berlangsung di kawasan Pantai Kartini Jepara, Senin (9/Mei) 2022 hari ini.

Festival yang baru diselenggarakan mulai Tahun 2006 tersebut mampu menarik perhatian pengunjung, sehingga berlangsung cukup semarak.Tak hanya orang tua, anak-anak pun tak ketinggalan menyumbang keriuhan dalam festival tersebut dan bisa berjalan dengan baik, karena warga pun sangat antusias.

Menurut Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Festival Kupat-Lepet tersebut sarat akan makna dan filosofi. Salah satunya adalah simbul mengaku salah dan memaafkan. ”Ini tradisi budaya yang sangat luar biasa. jadi dengan simbol itu bisa jadi tontonan, tapi juga tuntunan,”tuturnya.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi saat memotong untaian janur.(Foto:SN/dok-hp)
Bupati Jepara, Dian Kristiandi saat memotong untaian janur.(Foto:SN/dok-hp)

Menurut Ketua DKD Jepara, Kustam Eko Jalu, dalam festival ini ada dua gunungan yang terdiri atas susunan kupat dan lepet yang jumlah seluruhnya 2022 buah. Festival tersebut menjadi salah satu perhatian pengunjung. Begitu doa dipanjatkan, lalu untaian janur yang mengelilingi gunungan dipotong oleh Bupati, warga yang sudah tidak sabar langsung berebut mendapatkan.

Tak berselang lama, kurang dari lima menit kupat dan lepet ludes diserbu pengunjung. Mereka tidak sekadar berebut gunungan, masyarakat pun dimanjakan dengan beragam pementasan hiburan. Di antaranya Kentrung Empu Palman, tari hingga pencak silat.

Di balik itu diketahui, bahwa Festival Kupat dan Lepat tersebut terangkai usai Sedekah Laut. Yakni, oleh masyarakat pesisir dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu, Jepara.(hp)