295 IKM di Pati Produksi Tepung Kanji, Tersebar di Dua Kecamatan

0
Tangkapan layar produksi tepung tapioka (dok. Disdagperin Pati)
Tangkapan layar produksi tepung tapioka (dok. Disdagperin Pati)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kabupaten Pati dikenal dengan daerah yang subur akan sumber daya alamnya, mulai dari tebu, jagung hingga ketela. Berkait dengan ketela, setidaknya ada dua wilayah di Kabupaten yang hampir tiap hari selalu memproduksi tepung tapioka.

Dilansir dari media sosial YouTube milik Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, saat ini disebutkan industri tepung tapioka tumbuh pesat.

Bahkan produksi tepung tapioka di Kabupaten Pati dalam keterangan tersebut dijelaskan ikut menyumbang kebutuhan dalam daerah hingga nasional.

“Industri tepung tapioka di Kabupaten Pati terus tumbuh dan berkembang. Produksi dari sejumlah IKM ikut menyumbang menyukupi kebutuhan tepung dalam negeri,” jelasnya.

Selain itu, Di Kabupaten Pati, ada ratusan IKM tepung tapioka totalnya 295 ikm yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Trangkil dan Margoyoso. Rata-rata tiap hari bisa memproduksi 40 ton.

Akan tetapi, disebutkan kebanyakan produksi pembuatan tepung dilakukan skala kecil di gudang rumahan. Hanya saja jumlahnya yang sangat banyak secara kumulatif juga banyak pula.(adv)