Warga Juwana Produksi Kerupuk dari Ikan Laut

SAMIN-NEWS.com, PATI – Juwana merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pati yang terkenal dengan Ikan Bandeng. Di situ terdapat cukup luas area tambak digunakan untuk membudidayakan udang, ikan nila, dan yang paling terbesar komoditasnya adalah ikan bandeng.

Tak hanya itu, Kecamatan Juwana juga tempatnya makanan laut (seafood). Bukan hanya terkenal dengan presto ikan bandeng. Tetapi seafood itu oleh Lelayu Ningsih, Warga Desa Bendar diolah menjadi makanan camilan ringan berupa kerupuk seafood.

Pihaknya mengatakan telah memulai usaha ini sejak tahun 2012 yang lalu dan saat ini usahanya semakin berkembang. Usaha seafoodnya itu ia beri nama Hastika Sari.

“Kami memproduksi bermacam-macam kerupuk seafood, mulai dari kerupuk udang, kerupuk rajungan, cumi, tengiri dan lainnya dari bahan ikan laut,” ujarnya ketika diwawancarai, Sabtu (16/4/2022).

Dirinya memaparkan menekuni usaha ini bermula dari pandangannya terhadap bagaimana memanfaatkan sumber daya dari laut itu bisa menambah pundi-pundi ekonomi keluarga. Terlebih di Juwana sangat gampang untuk mendapatkan ikan segar.

“Karena kebetulan lokasi usaha dekat dg usaha perikanan shg mudah unt mendptkan bahan baku ikan segar,” ungkapnya.

Di samping ikan segar yang gampang didapatkan, masyarakat di sekitarnya rerata suka dengan kerupuk. Hal ini lah, yang mendasarinya mengolah sumber daya laut menjadi makanan ringan kerupuk laut.

Pihaknya mengaku produk kerupuk laut yang dijual di Plaza Pragolo cukup banyak yang merespon dan membeli. Akan tetapi, beberapa tahun ke belakang ini daya beli masyarakat terhadap kerupuk laut menurun drastis.

“Kalau saat ini memang pemasaran kurang bagus, tapi waktu Plaza Pragolo pertama ada, penjualannya sangat bagus, omzet per bulan bisa mencapai Rp7 juta. Semoga ke depan pemasarannya bisa lebih meningkat lagi,” pungkasnya.

Produk kerupuk Hastika Sari ini bisa didapatkan di Plaza Pragolo Store atau bisa memesan dulu lewat 08122939411 (Lelayu Ningsih).(adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Disdagperin bersama dengan CV Fatimah Ngagol Gelar OP Minyak Goreng Curah Previous post Disdagperin Bersama CV Fatimah Ngagol Gelar Operasi Minyak Goreng Curah
Next post Usaha Konfeksi Fira Collection Terbantu Dibukanya Kembali PTM
Social profiles