Peningkatan Dua Ruas Jalan Dana Bantuan Provinsi juga Siap Ditenderkan

0
51
Kondisi ruas jalan Hang Tuah di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana yang menyambung di ujungnya, masuk Desa Kudukeras juga di kecamatan setempat.(Foto:SN/aed)
Kondisi ruas jalan Hang Tuah di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana yang menyambung di ujungnya, masuk Desa Kudukeras juga di kecamatan setempat.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sisa dua ruas jalan yang akan ditingkatkan dengan biaya bantuan Provinsi Jawa Tengah, akan segera menyusul ditenderkan. Akan tetapi hal tersebut masih menunggu giliran, karena masih ada sembilan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan yang baru ditayangkan oleh pihak Unit Lelang Pengadaan (ULP).

Paket pekerjaan dimaksud, papar Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, Hasto Utomo, adalah peningkatan ruas jalan yang biayanya bersumber dari APBD Tahun 2022 Kabupaten Pati. Sedangkan sebelum itu juga sudah ditenderkan enam paket pekerjaan peningkatan ruas jalan dengan sumber biaya yang sama, dan sudah ada pemenangnya.

Sementara itu, beberapa waktu sebelumnya juga sudah ditenderkan dua paket pekerjaan yang anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) penugasan. ”Masing-masing peningkatan ruas jalan Pati-Gabus dan Winong-Sokopuluhan, Kecamatan Pucakwangi yang pelaksanaan pekerjaannya kini tengah berlangsung,”ujarnya.

Sedangkan untuk paket pekerjaan dengan sumber biayanya dari bantuan Provinsi Jawa Tengah, lanjutnya, sampai saat ini masih dalam proses rencana kerja operasional (RKO) di Bidang Binamarga. Jika tahapan tersebut selesai, maka tentu akan disusul dengan penayangannya di ULP, sehingga diperkirakan masih harus menunggu beberapa lagi.

Akan tetapi yang jelas, hal tersebut menunggu berita lebih lanjut dari pihak pemprov, yaitu untuk ruas Jl Hang Tuah. Tepatnya mulai dari ujung selatan, masuk Desa Kudukeras, Kecamatan Juwana, menyambung ke utara masuk Desa Bajomulyo, kecamatan setempat sampai di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit I Desa Bajomulyo juga di wilayah kecamatan yang sama dengan total pagu anggaran mencapai Rp 9 miliar.

Adapun satu paket pekerjaan lainnya, yaitu ruas jalan antara perbatasan Desa Maitan, Kecamatan Tambakromo dengan wilayah Kecamatan Wirosari, Kecamatan Grobogan. ”Untuk paket pekerjaan dari harga perkiraan sendiri (HPS) nilainya mencapai Rp 6 miliar,”imbuh Hasto Utomo.