Pembangunan Startup Island Karimunjawa Dihentikan

0
80
Sekda Jepara, Edy Sujatmiko SSos MM MH.(Foto:SN/dok-hp)  
Sekda Jepara, Edy Sujatmiko SSos MM MH.(Foto:SN/dok-hp)  

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akhirnya bersikap tegas. Pembangunan PT Levels Hotels Indonesia di Desa Kemojan, Kecamatan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, dihentikan pelaksanaannya.

Hal itu dilakukan, karena hal yang menyangkut perizinannya belum beres. Pembangunan akan dilanjutkan kembali bila sudah ada kelengkapan dokumen perizinannya.

Sikap tegas Pemkab Jepara tersebut disampaikan Sekda setempat, Edy Sujatmiko SSos MM MH dalam suratnya yang ditujukan kepada Direktur PT Levels Hotels Indonesia di Denpasar Bali. Dalam surat No 640.1/1577 tertanggal 18 April 2022, perihal Penghentian Sementara Pembangunan Startup Island Karimunjawa tersebut juga disampaikan dokumen yang harus dilengkapi.

Sampai saat ini masih terdapat beberapa persyaratan dokumen perizinan yang belum dimiliki PT Levels Hotels Indoensia, yaitu Dokumen Lingkungan dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), dan Sertifikat Layak Fungsi (SLF). Dalam surat penghentian itu juga dijelaskan, dokumen-dokumen perizinan tersebut menjadi dasar Pemkab Jepara dalam mengeluarkan izin pembangunan yang akan dilaksanakan PT Levels Hotels Indoensia di Desa Kemojan, Kecamatan Karimunjawa.

Sekda Edy Sujatmiko, dalam suratnya juga menegaskan, pada dasarnya Pemkab Jepara Menyambut baik rencana investasi yang akan dilakukan PT Levels Hotels Indoensia di Desa Kemojan, Kecamatan Karimunjawa. Akan tetapi, investasi yang akan dilakukan oleh PT yang bersangkutan, yaitu pembangunan Startup Island Karimunjawa, di mana dalam proses pembangunannya membutuhkan beberapa dokumen perizinan.

Salah seorang aktivis, Tri Utomo yang juga Ketua KAWALI Jepara yang selama ini aktif mengadvokasi masyarakat setempat atas perizinan pembangunan Startup Island Karimunjawa menyabut baik keputusan Pemkab Jepara. ”Ini pembelajaran bagi pemkab agar tidak gegabah,”ujarnya.(hp)