Naiknya Harga Kepokmas Dinilai Lebih Tinggi Tahun Sebelumnya

0
34
Tampak pedagang sedang melayani pembeli di Pasar Puri Baru, Senin (25/4/2022)
Tampak pedagang sedang melayani pembeli di Pasar Puri Baru, Senin (25/4/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Sukarno menilai harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) saat ini tengah merangkak naik. Kenaikan ini terjadi di tengah bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri 1443 H.

Akan tetapi, dia mengungkapkan harga pangan daripada Kepokmas di pasar untuk saat ini masih normal. Justru, menurutnya kenaikan harga Kepokmas jauh lebih tinggi tahun 2021 kemarin, dibanding dengan tahun 2022 ini.

“Harga kepokmas di pasar merangkak naik, tetapi di banding tahun kemarin tingkat kemahalan lebih mahal tahun kemarin,” kata Sukarno, Senin (25/4/2022).

Berdasarkan pantauannya di pasar tradisional, permintaan masyarakat terhadap Kepokmas mengalami tren penurunan. Hal ini karena, Sukarno mengatakan disebabkan lantaran perekonomian masyarakat yang belum pulih 100 persen.

Di sisi lain, kata dia pendapatan ekonomi yang masih agak seret ini mempengaruhi daya beli masyarakat. Oleh karena itu, meski harga Kepokmas mengalami kenaikan tetapi masih dinilai normal.

“Saat ini ada kecenderungan terjadi penurunan animo pembeli, mungkin kondisi perekonomian rakyat belum pulih sehingga masyarakat masih membatasi untuk pemenuhan kebutuhan pokok,” ujarnya.

Pihaknya berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Dan pemulihan ekonomi pasca pandemi segera bergerak cepat serta pertumbuhan ekonomi nasional bisa menembus di atas 5 persen.(adv)