Kemenag Pati belum Bisa Pastikan Kouta Jemaah Haji

0
333

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati belum bisa memastikan berapa jumlah kuota haji bagi calon jemaah asal Bumi Mina Tani, meski kuota untuk Provinsi Jawa Tengah sudah diputuskan sebanyak 13 ribu lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Pati, Abdul Hamid. Pihaknya menyatakan Kemenag Pati masih menunggu kepastian kouta jemaah haji dari pemerintah pusat. Setelah dua tahun terakhir tidak ada pemberangkatan karena pandemi Covid-19.

“Kuota jemaah haji untuk Kabupaten Pati masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat. Karena hingga saat ini belum menerima data resmi dari Kemenag RI terkait jemaah haji 2022 yang akan diberangkatkan,” kata Hamid, Jumat (22/4/2022).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Kemenag RI saat ini tengah melakukan verifikasi data jemaah haji. Yakni mulai berdasarkan usia, ketersedian kouta dan seterusnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap berupaya melakukan pengecekan pesyaratan administratif. Dan menurutnya, meski belum ada kepastian kuota namun jika mengacu pada Rencana Perjalanan Haji (RPH) normal, kloter SOC-1 dijadwalkan akan berangkat pada tanggal 4 Juni 2022.

Dia menambahkan, Pemerintah Indonesia secara resmi telah mendapatkan kouta jemaah haji dari Pemerintah Arab Saudi belum lama ini. Yakni sejumlah 100.051 ribu jemaah.