IKM Mahakarya Mulya Gembong Olah Tanaman Kelor Yang Kaya Manfaat

0
25

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, daun kelor ternyata juga bisa diolah menjadi beberapa jenis kuliner sehat seperti minuman dan cemilan yang dibuat oleh salah satu pelaku Industri Mikro Kecil Menangah (IKM) Mahakarya Mulya.

IKM Mahakarya Mulya ini terletak di Desa Kedungbulus Kidul, Kecamatan Gembong, Pati. Mereka menciptakan beberapa kreasi unik dari daun kelor.

“Olahan daun kelor berupa, Teh, serbuk, Kripik, Krupuk, Mie, Nuget, Sosis dan Makanan basah lainya yang terbuat dari daun kelor,” kata pemilik IKM Mahakarya Mulya, Muryati kepada Samin News, Senin (18/4/2022).

Harga kreasi produk dari daun kelor ia banderol bervariasi. Seperti teh kelor tubruk Rp15 ribu , teh kelor celup Rp20 ribu, Serbuk Kelor Instan Rp20 ribu serta Kripik Kelor Rp20 ribu dan Krupuk Kelor Rp20 ribu.

Produk olahan daun kelor ini ia pasarkan di Plaza Pragolo Store. Muryati menuturkan bahwa kondisi penjualannya cukup lancar. Sebab, menurut dia khusus produk olahan makanan ringan dari bahan daun kelor di Kabupaten Pati minim pesaing.

Meski demikian, Muryati menegaskan selalu memperbaiki kualitas produk dan selalu berinovasi. Sehingga dapat beradaptasi maupun bersaing dengan produk-produk modern.

Pihaknya mengatakan ingin mengulang masa kejayaan Pragola pada awal buka sebagai pusat penjualan produk-produk UMKM Kabupaten Pati yg mengutamakan Produk Asli daerah.

“Sehingga dapat membantu para UMKM yang ada di Pati dengan tetap mengutamakan persaingan yang sehat dan juga yang paling penting kualitas produk harus bener-bener dijaga,” imbuh Muryati.

Selain mengkreasikan daun kelor, IKM Mahakarya Mulya, kata Muryati juga memproduksi daur ulang limbah garmen menjadi Kapuk Sintetis, Kasur, Bantal, Guling dan asesoris. Kemudian budidaya sayur sehat dan olahanya lalu budidaya ayam petelur serta budidaya ikan.(adv)