IKM Forum Sedayu Tayu Produksi Tas Rajut

0
Produk kerajinan Tas Rajut dan Bunga Bonggol Kopi oleh IKM Forum Sedayu
Produk kerajinan Tas Rajut dan Bunga Bonggol Kopi oleh IKM Forum Sedayu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tas rajut pastinya memiliki suatu daya tarik tersendiri karena ciri khas yang unik dengan bahan utamanya terbuat dari benang, dan bisa dibentuk berbagai variasi model, warna dan variasi lainnya.

Keunikan dan keistimewaan tas maupun benda rajut tersebut pasti memikat hati masyarakat untuk membelinya. Dan belum lagi pastinya sangat nyaman digunakan sehari-hari juga cocok untuk acara formal maupun informal.

Industri Kecil Menengah (IKM) Forum Sedayu yang terletak di Desa Sendangrejo RT 2 RW 3, Kecamatan Tayu, Pati ini membuat tas rajut. Jadi tak perlu cari jauh-jauh karena IKM lokal sudah memproduksinya.

Produk kerajinan Tas Rajut dan Bunga Bonggol Kopi oleh IKM Forum Sedayu
Produk kerajinan Tas Rajut dan Bunga Bonggol Kopi oleh IKM Forum Sedayu

Pemilik IKM Forum sedayu, Sujari mengatakan pihaknya memproduksi tas rajut ini sebab mempunyai nilai keindahan dan terlihat unik. Selain memproduksi tas rajut, ia juga membuat kerajinan bunga dari bonggol kopi.

“IKM Forum Sedayu memproduksi beberapa kerajinan, seperti tas rajut dan bunga bonggol kopi. Mulai usaha itu sejak tahun 2016,” ujarnya, Jumat (15/4/2022).
Dia menjelaskan bahwa rajut sebagai bahan pembuatan produknya itu diorder dari Surabaya dan Bandung.

Dirinya tertarik menekuni dan mengembangkan usaha ini berawal dari rasa keprihatinannya terhadap ibu-ibu di lingkungan desanya. Berdasarkan pengamatannya ibu-ibu yang usianya masih produktif, tetapi kebanyakan menganggur lantaran kurangnya lapangan pekerjaan.

“Karena itulah saya punya pemikiran untuk melatih mereka agar punya keterampilan, kususnya membuat tas rajut agar mereka mempunyai pendapatan yang bisa membantu ekonomi keluarga,” terangnya.

Pihaknya berharap pandemi segera berakhir, sehingga pelaku UMKM bisa bangkit serta ramai pembeli, khususnya IKM/UMKM di Plaza Pragolo. “Penjualan di Plaza Pragolo sebelum pandemi sungguh sangat menjanjikan, tapi ketika ada pandemi penjualan merosot dratis,” pungkasnya.

Untuk melihat produk-produk tas rajut dari IKM Forum Sedayu ini bisa dilihat di Plaza Pragolo. Atau jika tertarik dan ingin memesan bisa menghubungi nomor pemiliknya 0852-2855-7497 (Sujari).(adv)