DLH Berikan Stimulan Bibit Tanaman ke Sekolah dan Masyarakat

0
Penyaluran bantuan stimulan bibit tanaman buah-buahan dan jenis lainnya serta penyerahan ke SD Negeri Sumberarum, Kecamatan Jaken.(Foto:SN/dok-ko)
Penyaluran bantuan stimulan bibit tanaman buah-buahan dan jenis lainnya serta penyerahan ke SD Negeri Sumberarum, Kecamatan Jaken.(Foto:SN/dok-ko)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, kini benar-benar menaruh perhatian secara serius terhadap kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di daerahnya. Sebab, ruang ini mutlak sangat diperlukan sebagai penyeimbang lingkungan sekitar, sehingga membutuhkan perhatian dan kepedulian oleh semua pihak untuk mewujudkannya.

Karena itu, papar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Mukhamad Tulus Budiarto melalui Kepala Seksie (Kasie) Pengelolaan Keanekaragaman Hayati, Eko Putranto, kini pihaknya mengajak masyarakat, untuk banyak-banyak berupaya menanam pohon. Diutamakan, adalah pohon dari berbagai jenis buah-buahan yang memungkinkan bisa tumbuh di lingkungan masing-masing.

Selebihnya juga pohon peneduh maupun tanaman hias untuk menciptakan RTH yang benar-benar maksimal, sehingga lingkungan di desa tetap tampak asri dan berudara bersih. ”Selain itu kami juga berupaya mengajak pihak sekolah untuk menciptakan RTH di lingkungan SD maupun SMP melalui upaya penanaman pohon,”ujarnya.

Berkait dengan kepentingan tersebut, lanjut Eko Putranto, pihaknya sudah mengalokasikan penyaluran bantuan bibit tanaman ke sejumlah sekolah. Untuk bantuan tersebut, jumlahnya memang tidak dalam jumlah banyak, karena sifatnya hanya sebagai stimulan, sehingga berikutnya pihak sekolah maupun desa tahap berikutnya juga berupaya bisa menanam pohon untuk menciptakan RTH.

Jika hal itu bisa dilakukan oleh pihak sekolah maupun warga desa, maka ke depan di Pati akan banyak tercipta lingkungan dengan RTH sebagai bentuk dari kepedulian masyarakat. Karena itu, bantuan bibit pohon sebagai stimulan telah disampaikan ke bebarapa sekolah, di antaranya ke SMP Gembong dan SMP Pucakwangi.

Selain itu, untuk SD bibit juga sudah dikirim ke SDN Sumberarum, Kecamatan jaken dan Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, SD Tegalomo, Kecamatan Dukuhseti, serta berikutnya ke ”Green House” Desa Sidokerto, Kecamatan Pati. ”Ada pun jenisnya selain matoa juga kelengkeng, jambu air, sirsak, petai, asam, jengkol, mahoni, trembesi, dan ketapang kencana,”imbuhnya.