10 Armada Bus Mudik Gratis Pemkab Tiba di Pati Dini Hari Tadi

0
Jajaran Forkopimda Pati menyambut kedatangan pemudik di Terminal Kembangjoyo Pati, Jumat (29/4/2022) dini hari tadi
Jajaran Forkopimda Pati menyambut kedatangan pemudik di Terminal Kembangjoyo Pati, Jumat (29/4/2022) dini hari tadi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 10 armada bus mudik gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tiba di Terminal Kembangjoyo pada, Jumat (29/4/2022) pukul 00.15 WIB dini hari tadi. Setelah sebelumnya, kesepuluh bus tersebut dilepas pada Rabu (27/4/2022) oleh Bupati Pati Haryanto.

Program mudik gratis yang difasilitasi oleh Pemkab Pati itu merupakan dukungan pemerintah terhadap kebijakan Presiden Jokowi yang mana tahun ini diperbolehkan mudik lebaran. Setelah dua tahun sebelumnya mudik ke kampung halaman dilarang pemerintah mengingat suasana di tengah pandemi.

Armada bus mudik gratis itu, sebenarnya tidak langsung menuju ke Terminal Kembangjoyo. Melainkan, berhenti dulu di pelataran parkir Sendang Sani untuk menunggu kendaraan lainnya. Setelah lengkap baru beriringan menuju terminal.

“Pukul 00.15 wib sampe di terminal, tapi bus mudik gratis itu tiba di Pati mulai pukul 23.30. Sebelumnya berkumpul di pelataran sendang Sani kemudian menuju terminal Pati,” kata Kepala Bidang, Pengendalian dan Operasional (Dalops) pada Dinas Perhubungan, Nita Agustiningtyas.

“Di pelataran parkir eks RM Sendang Sani di perbatasan Pati-Kudus menunggu kesepuluh bus lengkap. Karena kedatangan bus itu kan tidak bersamaan ada interval selisih waktunya. Setelah bus datang semuanya, baru beriringan menuju terminal,” imbuhnya.

Dirinya mengatakan, saat penjemputan pemudik di Terminal Kembangjoyo tersebut disambut oleh jajaran Forkopimda dan beberapa instansi lainnya. Penyambutan ini merupakan dukungan pemerintah terhadap warga Pati yang pulang dari kota lain menuju kampung halaman.

Nita menjelaskan, acara mudik gratis yang difasilitasi oleh Pemkab Pati itu diikuti sekitar 500 orang yang berasal dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya.

“500 orang pemudik dari Jabodetabek sekitarnya. Mereka menuju ke beberapa wilayah seperti Pati, Tayu, Juwana, Sukolilo, ya hampir semua wilayah di Kabupaten Pati,” tandasnya.