Tigapuluh Ruas Jalan di Jepara Akan Diperbaiki Tahun Ini

0
77
Kepala DPUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar MT.(Foto:SN/dok-hp) 
Kepala DPUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar MT.(Foto:SN/dok-hp) 

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Selasa (8/Maret) 2022 lalu, Bupati Jepara Dian Kristiandi melakukan pantauan langsung di mulainya perbaikan jalan kabupaten. Yakni, di jalan raya Desa Lebak menuju Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji yang akan diikuti oleh jalan lain di wilayah Kabupaten Jepara.

Ketika hal tersebut ditanyakan kepada Kepala DPUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar  MT membenarkan, sebanyak 30 ruas jalan rusak yang akan diperbaiki dan akan dibangun. Selain itu juga disebutkan dari mana sumber pembiayaannya, mengingat saat ruas jalan Kabupaten Jepara panjangnya mencapai 872,142 kilometer.

Untuk saat ini ruas jalan tersebut yang kondisinya baik dan sedang sepanjang 768 kilometer (88 persen), dan dalam kondisi rusak ringan 102 kilometer. (11 persen) ”Sedangkan yang dalam kondisi rusak berat 1,2 kilometer,”ujarnya.

Perbaikan dan peningkatan jalan di Kabupaten Jepara.
Perbaikan dan peningkatan jalan di Kabupaten Jepara.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk alokasi dana penanganan jalan, jembatan dan bangunan pelengkap jalan Tahun 2022 sebesar Rp 114,39 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBD Rp 77,84 miliar, DAK Rp 32,65 miliar dan Banprov Rp 3,8 miliar. ”Untuk pembangunan nnya akan dilaksankan di tigapuluh lokasi,”imbuhnya.

Jika termasuk dana untuk Pengairan dan Cipta Karya, seluruhnya mencapai Rp 190 milar. Berkait hal tersebut untuk pelaksanaannya semua dilakukan dalam bentuk paket lelang e-proc.

Mengingat kondisi cuaca saat ini, maka perbaikan jalan dengan menggunakan lapisan aspal panas belum dilakukan. ”Karena itu, penanganannya masih menggunakan aspal dingin (coldmix) yang sifatnya darurat atau sementara, dan kalau cuaca membaik akan dilakukan perbaikan dengan aspal panas,”paparnya.(hp)