Sebanyak 383 Desa di Pati Terima Dana Desa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) hingga kini telah menyalurkan Dana Desa (DD) Tahap I sebesar Rp96 miliar. Menurut data Dispermades, dari 401 dari total anggaran yang tersalur itu telah diterima sebanyak 383 desa.

Dengan begitu pada minggu pertama bulan Maret 2022 ini tinggal menyisakan beberapa desa lagi untuk penuntasan transfer Dana Desa. Karena sebagian desa yang belum menerima DD itu sudah diproses ke bagian keuangan daerah.

“Untuk penyaluran DD tahap I sebanyak 383 desa telah tersalur ke rekening kas desa dengan total nominal Rp96.991.805.600,” kata Kasi Sarana Prasarana dan Pelayanan Dana Desa, Nilam Ristiana, Senin (7/3/2022).

Sedangkan BLT DD, katanya pemerintah telah menuntaskan pengiriman Rp41.951.700.000 untuk periode ini kepada sebanyak 383 desa di Kabupaten Pati. Hingga kemudian, dana tersebut menurut Nilam telah diteruskan ke masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bagi desa yang telah menerima anggaran BLT DD itu, ungkapnya saat ini telah disalurkan. Di sisi lain, pihaknya mendorong untuk melakukan percepatan proses penyaluran Dana Desa. Sehingga masyarakat bisa terbantu dengan bantuan tersebut.

Pasalnya minimal 40 persen dari alokasi dana desa itu diplot untuk bantuan langsung tunai (BLT) sebagai perlindungan sosial bagi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Nantinya diharapkan, penyaluran dana desa secara cepat akan menjadi pendorong pergerakan ekonomi di desa sehingga bisa mempercepat penurunan kemiskinan.

“Proses di BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) untuk penyaluran ke rekening kas desa sejumlah 13 desa. Adapun nominalnya sebesar Rp3.078.442.400 DD tahap dan Rp1.383.300.000 BLT DD,” pungkasnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Penabuh Gamelan Anak-anak di Pati Saat Ini Sudah Ada yang Bisa Mengiringi Pagelaran Wayang Kulit
Next post Hari Ini, PTM Terbatas di Pati Kembali Dibuka
Social profiles