Rekanan Rehabilitasi Ruas Jalan Pati-Gabus Hari Ini Baru Mulai Bekerja

0
174
Penutupan permukaan ruas jalan yang masih maksimal dengan lapisan aspal di ruas jalan Pati-Gabus, tepatnya mulai selatan Jembatan Ngantru, di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus.(Foto:SN/dok-nang)
Penutupan permukaan ruas jalan yang masih maksimal dengan lapisan aspal di ruas jalan Pati-Gabus, tepatnya mulai selatan Jembatan Ngantru, di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus.(Foto:SN/dok-nang)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selasa (22/Maret) 2022 hari ini, yang merasa lega bukan hanya para pengguna ruas jalan Pati-Gabus, menyusul dimulainya pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi ruas jalan itu. Akan tetapi, pihak konsultan dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut juga merasa hal yang sama, karena rekanan pemenang tender paket pekerjaan itu juga sudah mulai melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Dengan demikian, papar konsultan yang bersangkutan, Anang, pengguna jalan akan bisa memulai mengurangi untuk tidak melintas di ruas jalan yang rusak, meskipun nanti harus disertai harus melintas satu per satu saat pelaksanaan pekerjaan mulai maksimal. Untuk hari ini, pekerjaan baru dilakukan dengan menambal bagian lapisan atas jalan yang rusak dengan lapisan aspal, mulai di sisi selatan jembatan, yaitu di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus.

Sebab, yang pada ujung ruas jalan tersebut atau yang berlokasi di depan SPBU Ngantru, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, dikerjakan langsung oleh pihak Bidang Binamarga, karena banyaknya komplain dari warga atau pengguna jalan. ”Pekerjaan tersebut baru pada tingkat menutup dan memadatkan lubang dengan material, tapi juga sudah kami sarankan agar lubang yang berair dikuras/dikeringkan lebih dahulu,”ujarnya.

Hal tersebut mengingat, lanjutnya, pada ruas tersebut sepanjang 150 meter akan diperkuat dengan konstruksi rigid beton, sehingga penutupan lubang tersebut harus benar-benar dalam kondisi tak berair. Baru nanti dipadatkan secara maksimal, karena kepadatan material tersebut di atasnya akan ditetapkan sebagai B 0, yang tahap berikutnya nanti ditempatkan lantai kerja.

Sedangkan kepada rekanan yang mulai melaksanakan pekerjaan, pihaknya memberi masukan bahwa yang harus didahulukan adalah pekerjaan menutup lubang. ”Tujuannya tak lain, agar pengguna jalan merasa nyaman saat berkendara, kemudian hal itu bisa diikuti dengan pekerjaan untuk rigid beton,”imbuh Anang.