Peduli Lingkungan, Pemuda Pemudi Langgen Tanam 4 Ribu Bibit Pohon

0
60
Para anggota Pemuda Pemudi Langgen (PPL), desa langgenharjo
Para anggota Pemuda Pemudi Langgen (PPL), Desa Langgenharjo, Juwana menanam 4 ribu bibit pohon

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Pemuda Pemudi Langgen (PPL), Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana menggelar bakti sosial penanaman pohon pada Minggu (13/3/2022). Ini dilakukan sebagai kepedulian mereka terhadap kondisi lingkungan, utamanya di desanya.

Wakil Ketua PPL, Duta Okta Vianto mengatakan dalam kegiatan ini sebanyak 4000 ribu bibit ditanam. Dirinya mengaku bahwa penanaman pohon yang dilakukan oleh punggawa PPL merupakan kegiatan rutin setiap tahun dengan maksud melestarikan dan menyeimbangkan lingkungan.

Menurut Duta, pohon berperan vital terhadap makhluk hidup. Selain untuk memang menjaga dan menyeimbangkan ekosistem juga berimbas positif terhadap dengan asrinya lingkungan dan sebagai tempat berteduh ketika terik.

“Pohon memiliki peran penting dalam kehidupan. Selain lingkungan menjadi asri, semoga dengan adanya penanaman pohon ini juga dapat tercipta kelestarian dan keseimbangan bagi lingkungan juga mampu membantu menggerakkan hati kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan kita,” katanya.

Duta menjelaskan ada beberapa titik dalam kegiatan penanaman pohon. Di antaranya yakni bantaran Kali Wedi, halaman rumah warga Langgen juga di sepanjang jalan menuju makam setempat.

Penanaman bibit pohon itu dirasa tepat karena saat ini masih di tengah musim hujan. Ke depannya tinggal merawat dan mengganti bibit pohon ketika ada yang mati. Adapun bibit pohon yang ditanam seperti Mahoni, Salam, Tabebuya, Trembesi dan Ketapang Kencana.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan, Della Widya Puspita menambahkan kegiatan penanaman dimulai pagi pukul 07.00 hingga siang berjalan. Meski di bawah terik matahari, tak menyurutkan semangat mereka hingga penanaman selesai.

“Terimakasih kepada semua pihak atas waktu, tenaga dan tanpa kalian kegiatan ini tak akan berjalan. Semoga kekompakan ini bukan hanya untuk hari ini tapi hingga nanti yang dapat terus memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar,” ucap Della.