Kwarcab Pati Gelar Pesta Siaga

Ka Kwarcab Pati, Sugiyono sebagai Kakanda Pramuka tingkat Siaga menerima laporan untuk membuka upacara diselenggarakannya Pesta Siaga Tahun 2022.(Foto:SN/dok-gik)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Arah pembinaan Pramuka pada tingkat Siaga (7-12) adalah bermain dan bergembira bersama, sehingga akan melahirkan dan membentuk kepribadian mereka sejak dini. Hal itu, utamanya pada upaya menggalang kegotong-royongan atau kerja sama yang mampu membuat mereka riang gembira.

Karena itu, salah satu upaya pembinaan tersebut diwujudkan dalam bentuk ”pesta” atau bertemu dan berkumpul di antara sesama Pramuka sesuai tingkatannya. Sehingga dalam kesempatan tersebut, mereka dituntut untuk bisa meluapkan kegembiraannya dalam permainan yang kompetitip, untuk memilih dari barung mana yang paling giat.

Dengan demikian, papar Ka Kwarcab Pati, Sugiyono, pihaknya selalu menggelar pesta siaga baik putra maupun putri yang menjadi wakil dari tiap-tiap Kwartir Ranting (Kawaran) yang secara toritorial adalah wilayah kecamatan. ”Mereka adalah para wakil dari 21 Kwaran yang Sabtu (12/Maret) hari ini seharusnya berkumpul bersama, di lingkungan SD Pati Kidul kompleks,”ujarnya.

Suasana pembukaan Pesta Siaga 2022 Kwarcab Pati dan bergambar bersama.(Foto:SN/dok-gik)
Suasana pembukaan Pesta Siaga 2022 Kwarcab Pati dan bergambar bersama.(Foto:SN/dok-gik)

Mengingat situasi pandemi Covid-19 belum berakhir, lanjut Sugiyono, maka pesta tersebut dilaksanakan secara daring. Sehingga jika hari ini adalah pestanya adik-adik siaga, salah satu tujuan utamanya adalah agar mereka bisa berkompetisi antarsiaga terbaik dari tiap-tiap Kwaran se-Kwarcab Pati..

Berkait hal tersebut, tentu saja untuk materi kegiatannya sudah terukur karena sudah ditentukan oleh Kwarda Jawa Tengah. Di antaranya, yaitu soal ketaqwaan, menyanyikan lagu, parade puisi, kebersihan lingkungan, holahop, dan bumbung kemanusian yang dihimpun dari mereka dengan hasil akhir terhimpun Rp 1.820.000.

Ka Kwarcab Pati, Sugiyono saat menerima hasil bumbung kemanusian Pesta Siaga 2022.(Foto:SN/dok-mok)
Ka Kwarcab Pati, Sugiyono saat menerima hasil bumbung kemanusian Pesta Siaga 2022.(Foto:SN/dok-mok)

Ditambahkan, untuk tema Pesta Siaga Tahun 2022, yaitu Sehat, Cerdas, Tanggap dan Ceria. Hal tersebut sesuai dari bagian pembentukan karakter anak didik generasi muda penerus bangsa, dan sebagai barung terbaik dan tergiat akan bertemu dalam ajang pesta yang sama tingkat Binwil Pati. ”Yakni, dari Kwartir Jepara, Kudus, Rembang dan Blora yang jadwalnya menyusul,”papar Sugiyono.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 11 Maret 2022
Pemuda Tani HKTI Kendal bersama Pokdakan dan Heru ''Jejak Si Gundul.''(Foto:SN/dok-rin) Next post Pemuda Tani HKTI Kendal Syuting Bersama Heru ”Jejak Si Gundul”
Social profiles