Hari Ini Rekanan Rehabilitasi Ruas Jalan Pati-Gabus Kembali Mulai Bekerja

0
70
Papan nama paket pekerjaan rehabilitasi ruas jalan di ujung jalan Pati-Gabus, masuk Dukuh Ngantru, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, dan ruas jalan yang sama di depan SPBU setempat.(Foto:SN/aed)
Papan nama paket pekerjaan rehabilitasi ruas jalan di ujung jalan Pati-Gabus, masuk Dukuh Ngantru, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, dan ruas jalan yang sama di depan SPBU setempat.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Memasuki hari ke-28 sejak menerima surat perintah kerja (SPK) rekanan pemenang tender paket pekerjaan tersebut, Senin (28/Maret) 2022 hari ini mulai bekerja. Selasa (22/Maret) pekan lalu, rekanan yang bersangkutan memang sepertinya sudah mulai melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Akan tetapi, hari berikutnya atau Rabu (23/Maret) 2022 tidak tampak lagi di lokasi pekerjaan sehingga para pengguna jalan, agar pelaksanaan pekerjaan tersebut segera dilaksanakan. Karena itu, harapan mereka mulai pelaksanaan pekerjaan hari ini, sesuai kontrak hari kalender (HK) dimulai 1 Maret 2022 akan berakhir 30 Juni 2022 atau 120 hari kalender.

Konsultan paket pekerjaan tersebut, Anang, ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan, bahwa waktu itu rekanan sudah minta izin ke pihaknya untuk pindah ke lokasi pekerjaan lainnya. ”Karena itu, kami mengharap termasuk para pengguna jalan agar pelaksanaan pekerjaan yang dimulai hari ini bisa berlanjut sampai tuntas,”tandasnya.

Sebab, lanjut Anang, berdasarkan perhitungan hari kalender sesuai kontrak, tak terasa rekananan sudah kehilangan hampir 30 hari kalender, sehingga sisa waktu yang dimiliki hanya tinggal 90 hari kalender. Padahal dalam paket pekerjaan tersebut, terdapat pekerjaan konstruksi rigid beton sepanjang 990 meter dan lebar 6 meter, sehingga pekerjaan tersebut akan menyita waktu.

Sedangkan untuk pekerjaan pengaspalan, panjangnya mencapai 1.700 meter dengan lebar 4,5 meter, sehingga berdasarkan perhitungan waktu hari kalender tidak akan banyak menghadapi banyak kesulitan, sepanjang hujan tidak terus menerus mengguyur. Untuk pelaksanaan pekerjaan yang sudah dimulai hari ini, intinya adalah baru penyiapan badan jalan.

Selain itu juga untuk membentuk elevasi badan jalan, sehingga kemungkinan setelah ini baru dilakukan penanganan persiapan pekerjaan rigid beton. ”Khusus pekerjaan yang disebut terakhir, jika sekarang pihak rekanan sudah menyiapkan pekerjaan pembesian untuk kerangka beton, justru nanti saat mulai pekerjaan di lapangan bisa lebih cepat,”imbuhnya.