Gusdurian Ganti Bagikan Masker Kepada Jamaah Shalat Jumat Masjid Agung Pati

0
Salah seorang jamaah shalat Jumat yang baru datang langsung menuju ke tenda untuk mencuci tangan dengan ''hand sanitizer'' sebelum memasuki Masjid Agung Pati juga menerima masker yang dibagian pihak Gusdurian dan Orari Lokal Pati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mengambil momentum saat warga menjalankan  ibadah shalat Jumat di Masjid Agung Pati hari ini, Kelompok Gusdurian dan Orari Lokal Pati, kembali terjun ke lokasi untuk membagi-bagikan masker kepada para jamaah yang baru datang. Dengan demikian, satu per satu para jamaah sebelum memasuki masjid personel kedua organisasi itu sudah menyiapkan materialnya di bawah tenda yang disedikan.

Sebelum menerima masker, para jamaah juga rata-rata sudah memakai masker dari rumah, sehingga bantuan masker yang diterima adalah sebagai cadangan bila saat bepergian atau ada keperluan lain di luar rumah. Tidak hanya itu, para jamaah sebelum memasuki masjid juga harus terlebih dahulu mencuci tangan dengan ”hand sanitizer” yang juga disediakan.

Untuk keperluan tersebut, papar Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto yang juga sesepuh Orari Lokal Pati, personel yang bertugas membagikan material itu sengaja mengambil tempat di pintu masuk depan sebelah utara. ”Akan tetapi, kami juga menempatkan personel yang bertugas di pintu masuk/keluar tak jauh dari tempat penitipan sepeda motor,”ujarnya.

Personel dari Gusdurian dan Orari Lokal Pati, saat menunggu kedatangan jamaah shalat Jumat dari sisi pintu selatan yang tepat berada di pelataran depan Masjid Besar Pati.(Foto:SN/aed)

Dengan demikian, lanjutnya, semua jamaah shalat Jumat kebagian masker meskipun semua dari rumah juga sudah memakai masker, atau minimal bantuan masker yang diterima juga bisa untuk anggota keluarganya maupun orang lain yang tidak memakai. Sehingga upaya yang dilakukan Gusdurian dan Orari Lokal Pati ini, adalah lebih cenderung mengajak kepada warga jangan sampai abai terhadap upaya untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Pertimbangannya, sampai saat ini masa pandemi Covid-19, dan bahkan dalam PPKM di Pati ternyata juga masih berada di level 3. Karena itu, upaya untuk selalu saling mengingatkan antara yang satu dan lainnya jangan sampailah kendor, meskipun mereka juga sudah menerima suntikan vaksin sampai kali yang ketiga (booster), tapi ajakan untuk terus menerapkan prokes hendaknya jangan sampai diabaikan.

Karena itu, pihaknya juga akan terus melakukan apa yang bisa dilakukan selain ikut membantu menyelenggarakan pelaksanaan vaksinasi, untuk saat ini adalah membagikan maskes. ”Setelah dari Masjid Agung Pati, kami pekan depan akan kembali terjun ke lokasi Alun-alun Kalidoro,”imbuh Eddy Siswanto.