Peringati Ulang Tahun ke-5, FKMP Untidar Bakti Sosial Tanam Pohon

0
107

SAMIN-NEWS.com, PATI – Forum Keluarga Mahasiswa Pati (FKMP) Universitas Tidar, Magelang menggelar kegiatan bakti sosial dalam bentuk tanam pohon di Desa Bogotanjung, Kecamatan Gabus Sabtu (29/1/2022). Ini dilakukan dalam rangka memperingati ulang tahun FKMP yang ke-5.

Kegiatan bakti sosial penanaman pohon itu sejumlah 500 bibit dengan beragam jenis. Di antaranya dari bibit pohon sengon, trembesi, mahoni, ketapang kencana, salam dan sirsak.

Bibit-bibit tersebut ditanam di beberapa titik lokasi di Desa Bogotanjung Gabus, mulai dari sepanjang jalan desa hingga disekeliling lapangan desa. Tema acara tanam pohon ini adalah “Nambahi Paru Ing Jagad Pati”.

Sudah barang tentu, penanaman bibit pohon beragam jenis ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Baik itu untuk menjaga ekosistem, ketika besar bisa menjadi tempat berteduh dari terik matahari, juga buahnya bisa dimakan siapa saja.

Tujuan dari kegiatan bakti sosial tanam pohon ini adalah untuk menumbuhkan rasa simpati dan empati serta kepedulian terhadap lingkungan dan sosial dalam masyarakat, meningkatkan solidaritas serta rasa kekeluargaan antar mahasiswa dan juga pendekatan kepada masyarakat.

Di lain sisi, kegiatan bakti sosial penanaman bibit pohon ini sebagai bentuk implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa mempunyai kewajiban dengan ilmunya mengabdi untuk kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, tanam pohon di Desa Bogotanjung ini juga didukung oleh BPDASHL Pemali Jratun dan Persemaian Permanen. Selain itu, Kegiatan bakti sosial tanam pohon ini melibatkan Pemerintah Desa Bogotanjung Gabus, Karang taruna kusuma bhakti, anggota FKMP, dan juga beberapa Orda Pati di Jateng-DIY.