Pengerjaan Jalan Tol Semarang-Demak, Menteri PUPR: Mencapai 64 Persen

0
18
Penampakan pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak (PUPR)

SAMIN-NEWS.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pengerjaan pembangunan jalan tol Semarang-Demak telah dimulai Januari 2022. Jalan tol tersebut dengan panjang 26,7 km.

Sepanjang 26,7 km ini terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km yang menelan kebutuhan biaya sebesar Rp10,56 triliun. Sedangkan Seksi 2 Sayung-Demak dibangun sepanjang 16,31 km yang anggaran biaya konstruksi sebesar Rp4,3 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini diharapkan akan mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan di kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani yang kerap macet.

Saat ini untuk Seksi 1 sudah selesai lelang dini paket pekerjaan Tahun 2022 dan akan dimulai konstruksinya pada Januari 2022 dan ditargetkan selesai November 2024.

“Sementara untuk Seksi 2 yang sudah konstruksi, saat ini progresnya telah mencapai sekitar 64 persen dan ditargetkan rampung Oktober 2022,” ujar Menteri dikutip laman resmi PUPR, Rabu (2/2/2022).

Selanjutnya, dia berharap kehadiran jalan tol yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang tersebut diharapkan akan mendukung pertumbuhan Pusat Ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Di sisi lain, jalan tol ini diharapkan akan mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan di kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani yang kerap macet.

“Dibangunnya Tol Semarang-Demak menjadi pendukung dalam peningkatan konektivitas di wilayah Jawa Tengah bagian utara sekaligus menjadi penghubung kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri, dan kawasan pariwisata religi khususnya di wilayah Demak,” tandasnya.