Menkes Sebut Enam Provinsi Sudah Lalui Puncak Delta

0
128
Budi Gunadi Sadikin (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

SAMIN-NEWS.com, Enam wilayah di Indonesia disebut telah melalui puncak lonjakan varian Delta. Seperti diketahui varian Delta merupakan varian Covid-19 yang cukup ringan hingga berat. Beberapa orang yang positif Covid-19 varian Delta tercatat tidak memiliki gejala, tetapi sebagian besar lainnya mengalami keluhan yang bertambah parah dalam waktu 3–4 hari.

Varian Delta telah ditemukan di banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Namun, untuk kasus di tanah air varian Delta telah dilalui bagi sebagian wilayah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, enam provinsi telah mencatatkan kasus Covid-19 melampaui puncak lonjakan varian Delta. Keenam provinsi itu yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

“Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya, itu (tingkat keterisian) rumah sakitnya sekitar 30 persenan dari puncak Delta,” kata Budi dalam konferensi pers secara virtual terkait hasil ratas PPKM, Senin (14/2/2022).

Provinsi yang sudah turun atau melalui puncak Delta itu, menurutnya kasus harian Covid-19 di Provinsi tersebut turun. Budi mengatakan, tingkat penularan kasus Covid-19 juga terjadi di DKI Jakarta saat ini. Dimana sudah mulai melandai dan diprediksi akan segera turun.

“DKI bergerak turun dan rumah sakitnya berhenti di level 40-50 persen dibandingkan dengan puncak Delta,” ujarnya.

Ia mengaku saat ini varian Omicron telah mendekati puncak lonjakan kasus varian Delta, saat ini kasus harian Covid-19 sudah kembali melandai. Menurutnya, ini dipengaruhi sedang masa libur.

“Sekarang sudah agak turun, ya, karena memang sedang hari libur di angka 44.000,” tambah Menkes.