Hari Ini 19 Ribu Dosis Vaksin Disiapkan Binda di 10 Daerah

0
30
Hari Ini 19 Ribu Dosis Vaksin Disiapkan Binda di 10 Daerah

SAMIN-NEWS.com, Sedikitnya 19 ribu dosis vaksin disiapkan bagi pelajar juga masyarakat umum yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis 1 maupun dosis 2 hingga vaksinasi booster. Belasan ribu dosis itu disediakan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah di berbagai daerah.

Kepala Binda Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan kegiatan kali ini adalah vaksinasi massal anak usia 6-11 tahun dan masyarakat. Sedangkan lokasinya dari belasan dosis iti diperuntukkan bagi 10 daerah.

“10 daerah lokasi vaksinasi meliputi, Kota Magelang, Kab Magelang, Kebumen, Sukoharjo, Demak, Grobogan, Pati, Kudus, Banyumas dan Pemalang,” ujar Kabinda, Sabtu (5/2/2022).

Dia menjelaskan vaksinasi untuk anak menggunakan jenis Sinovac. Bagi masyarakat umum di atas 12 tahun dan booster tergantung dari yang tersedia di Dinas Kesehatan Daerah terkait.

Ia menilai saat ini ada kecenderungan penerapan protokol kesehatan di masyarakat yang menurun. Padahal, kata dia prokes ini sangat penting untuk pencegahan penyebaran terpapar virus Covid-19.

“Prokes ketat menekan kasus, virus Omicron yang terus bertambah dan mayoritas kasus atau yang terinfeksi virus ini berasal dari luar negeri,” tegas Sondi.

Menurutnya, vaksinasi bagi anak-anak terkait dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping cenderung lebih rendah daripada orang dewasa.

“Hal ini membuktikan bahwa pemberian vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun aman dan sifatnya cenderung ringan serta mudah diatasi,” tutup Sondi.