Habib Luthfi Ajak Masyarakat Jepara Dukung Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, dukung penuh perjuangan untuk penganugerahan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional. Hal tersebut terungkap saat bertemu dengan Dr Lestari Mordijat  SS MM yang juga Wakil Ketua MPR RI sekaligus inisiator Gerakan Pengusul Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional.

Dari pertemuan yang digeklar di Rumah Dinas (Rumdin) Wakil Ketua MPR RI di Kuningan, Jakarta Seletan (Jaksel), Selasa (1/Februari) 2022 lalu, hal tersebut juga sekaligus membahas Silaturahmi Kebangsaan seluruh masyarakat Jepara. Hal itu digelar di Pendapa Kabupaten Jepara, Sabtu (5/Februari) 2022, hari ini.

Acara silaturahmi kebangsaan ini ini, mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Jepara untuk ikut mendukung usulan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat. Dalam kesempatan tersebut Habib Luthfi bin Yahya akan membersamai perjuangan itu bersama Bupati Jepara Dian Kristiandi serta Hj Lestari Moerdijat atau yang akrab disapa Bu Rerei ini.

Habib Luthfi bin Yahya saat membaca buku sejarah Ratu Kalinyamat.(Foto:SN/dok-hp)

Seperti dikabarkan sebelumnya, pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional ini merupakan ketiga kalinya setelah dua pengajuan sebelumnya gagal di Kementrian Sosial karena kurangnya data pendukung. Naskah Akademik (NS) dan sumber primer, serta dokumen sejarah merupakan hal paling penting dalam menilai layak tidaknya seseorang dapat diberi gelar sebagai Pahlawan Nasional.

Dari hal itulah tim naskah Akademik Ratu Kalinyamat berhasil melacak keberadaan sumber primer, berupa catatan Diego de Couto yang tersimpan di museum Lisbon, Portugal. Sebuah catatan yang selalu menjadi rujukan para sejarawan ketika menulis sejarah hidup Ratu Kalinyamat.

Dalam buku yang berjudul D’ Asia inilah tercatat kurang lebih ada delapan kata Rainha de Jepora (istilah orang Portugis dalam menyebut Ratu Kalinyamat. Serta catatan-catatan penting lain yang bisa menjadi bukti bahwa Ratu Kalinyamat pernah melawan dan menghalau Portugis di Selat Malaka.(hp)

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Tigabelas Remaja Putri di Jepara Kembali Positif Terkonfirmasi Covid-19
Next post Usai LI Dibongkar, Muslihan: Peruntukannya Sesuai Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan
Social profiles