DPRD Pati Dorong Pemerintah Akselerasi Cakupan Vaksinasi hingga Bantuan Modal UMKM

0
29
Anggota DPRD Pati, Muslihan menyampaikan hasil reses saat Sidang Paripurna

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong pemerintah daerah agar memperhatikan kondisi infrastruktur, pelayanan publik, menyediakan kebutuhan pupuk hingga bantuan permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Catatan tersebut merupakan di antara masukan DPRD Kabupaten Pati yang dihimpun dari reses oleh masing-masing anggota dewan di dapilnya. Catatan tersebut disampaikan Muslihan saat sidang Paripurna pada Jumat (25/2/2022).

Laporan hasil reses anggota DPRD Pati tahap III tahun anggaran 2021 masa keanggotaan DPRD 2019-2024 di bidang pemerintahan, anggota DPRD mendorong program vaksinasi yang sedang digalakkan pemerintah untuk segera direalisasikan.

Menurutnya, akselerasi cakupan vaksinasi harus segera dicapai. Hal ini mengingat masih banyak warga yang belum menerima vaksin. Selain itu, mereka melaporkan banyak perangkat desa kurang disiplin, sehingga pelayanan di pemerintah desa kurang maksimal yang notabenenya unit pemerintah di bawah dekat dengan masyarakat.

“Kemudian di Bidang Pembangunan yakni Pemerintah Daerah Kabupaten Pati perlu membangun Pangkalan truk di wilayah Pati agar sopir truk tidak parkir liar di tepi jalan yang dapat membahayakan pengguna jalan lain dan masyarakat pada umumnya,” katanya.

Masih di bidang pembangunan, anggota DPRD Pati meminta pemerintah melakukan upaya perbaikan jalan Pati-Gabus untuk segera ditindaklanjuti. Kondisi aspal jalan cukup parah, apalagi ditambah yang saat ini musim hujan.

Muslihan melanjutkan, catatan di Bidang Ekonomi DPRD meminta kepada pemerintah memberikan bantuan permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini membuat perekonomian, khususnya sektor UMKM sangat terpukul.

“Pemerintah wajib memberikan pengarahan untuk masyarakat dalam bentuk Pelatihan, Pemberian Kredit untuk bantuan modal bagi UMKM dan persediaan pupuk pada musim tanam tercukupi dengan harga terjangkau,” tambah dia.(adv)