Anggota Ansor Pati, Agus Purwanto Masuk 10 Besar Ilmuwan Indonesia

0
494
Tabel pemeringkatan Ilmuwan versi AD Scientific Index pada Februari 2022

SAMIN-NEWS.com, Seorang pemuda yang sekaligus anggota Anggota Ansor Kabupaten Pati masuk ke dalam 10 besar jajaran orang top sebagai Ilmuwan di Indonesia. Dia adalah Agus Purwanto yang berada di peringkat ke tujuh versi Alper-Doger (AD) Scientific Index pada bulan Februari 2022.

Dia tercatat sebagai keanggotaan GP Ansor dengan nomor X-07.17.21.2200001 dengan nilai H-index sebesar 51 berada pada peringkat ke-7 dari sebanyak 2.484 Ilmuwan di Indonesia. AD Scientific Index merilis update terbaru daftar World Top 100 Scientists 2022. Sebanyak 757.784 akademisi dari 14.194 perguruan tinggi di 216 negara masuk dalam pemeringkatan ini. Dan sejumlah 12.484 akademisi berasal dari kampus di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Dalam daftar nama itu, Agus Purwanto berada di antara nama-nama Ilmuwan akademisi Tanah Air yang cukup populer. Seperti M Quraish Shihab dan macam nama Azyumardi Azra dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

AD Scientific Index dinilai berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah para ilmuwan. Sumber data dari AD Scientific Index adalah Google Scholar dengan atribut-atribut seperti, total h-index, i10 index, dan sitasi, h-index merupakan indeks yang mengukur baik produktivitas dan pengaruh dari karya yang diterbitkan seorang peneliti.

Di lain sisi, penelitian dan publikasi ilmiah ini ditujukan agar bermanfaat dan memberikan referensi bagi seluruh masyarakat khususnya para pelajar, mahasiswa, pendidik, masyarakat. Sejalan dengan itu, penelitian dan publikasi ilmiah bisa berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam lingkup nasional dan internasional.

Sementara itu, melalui program pemeringkatan jajaran ilmuwan Indonesia diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan peringkat 10 besar ini bisa memotivasi peneliti lainnya untuk lebih produktif di bidang penelitian dan publikasi ilmiah.

Peringkat 10 ilmuwan terbaik Indonesia ini mencakup bidang Ilmu Pertanian dan Kehutanan, Seni, Desain dan Arsitektur, Bisnis dan Manajemen, Ekonomi, Ekonometri, Pendidikan, Teknik dan Teknologi, Sejarah, Filsafat, Teologi, Hukum dan Ilmu Hukum, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Sosial.

Berikut ini daftar peringkat 10 ilmuwan terbaik Indonesia untuk seluruh bidang ilmu versi AD Scientific Index 2022 pada update bulan Februari 2022:
1. Suharsimi Arikunto, Afiliasi daru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta,
2. Imam Ghozali, Afiliasi dari Universitas Diponegoro
3. Johannes Wirjawan, Afiliasi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
4. Henky Irawan, Afiliasi Universitas Maritim Raja Ali Haji
5. Singgih Santoso, Afiliasi dari Universitas Kristen Duta Wacana
6. Suryadi Ismadji, Afiliasi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
7. Agus Purwanto, Afiliasi dari Universitas Pelita Harapan (UPH)
8. M Quraish Shihab, Afiliasi dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
9. Veithzal Rivai Zainal, Afiliasi dari Universitas Trisakti
10. Azyumardi Azra, Afiliasi dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta