Usulan Siswa SMA 1 Pati Studi ke Bali Ditolak Sekolah dan Pemerintah

0
407
Kasubag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Haryanto
Kasubag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Haryanto

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rencana study tour ke Bali murid kelas XI SMA Negeri 1 Pati ditolak oleh pihak sekolah. Wacana kegiatan ke luar kota itu merupakan usulan dari osis setempat yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang.

Selain usulan wisata tersebut ditolak pimpinan sekolah, pemerintah juga mengambil sikap demikian. Lantaran, usulan kegiatan ini tidak urgen bukan dari bagian kurikulum struktur pendidikan. Dan saat ini pandemi Covid-19 belum hilang secara tuntas.

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah telah menjalin koordinasi dan mengkomunikasikan kegiatan tersebut kepada SMA 1 Pati. Dimana hasilnya adalah sekolah tidak merekomendasikan kei studi ke Bali bagi siswanya.

“Setelah kami komunikasikan dengan Kepala Sekolahnya, ternyata sekolah tidak mengizinkan kegiatan studi tour tersebut,” ujar Kasubag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Haryanto, Kamis (6/1/2022).

Hal tersebut dipastikan saat rapat dengan seluruh pimpinan sekolah jenjang SMA di wilayah kewenangan Cabang Dinas III.

“Hari ini kami juga rapat dengan Kepala Sekolah SMA se-Cabdin III juga kami tegaskan bahwa belum diizinkan untuk kegiatan studi tour karena masih belum hilang pandeminya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Pati hari sebelumnya menyatakan bahwa kegiatan perjalanan ke Bali merupakan usulan dari osis. Wacana itu, Rabu (5/1) kemarin sekolah belum memutuskan mengambil sikap karena perlu banyak pertimbangan.

Tetapi, Kamis (6/1) pagi tadi SMA Negeri 1 Pati telah mengambil sikap tegas bahwa wacana usulan kegiatan ini tidak diizinkan sekolah. Hal ini mengacu dengan kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19.

“Sehubungan dengan covid 19 yang masih ada maka sekolah tidak mengijinkan rencana OSIS untuk kegiatan study tour siswa ke Bali,” terang Kepala SMA Negeri 1 Pati, Kaslan.