Tim SAR Gabungan Pantau Kawasan Pantai Banyutowo

0
59
Tim SAR gabungan baik dari Polair, Sahbandar, Kamla dan Tunggulwulung melakukan pemantauan kawasan pantai Banyutowo, karena banyaknya pengunjung di objek wisata pantai tersebut.(Foto:SN/dok-al-aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dibukanya Pantai Idola dan Pantai Cinta di kawasan pesisir Banyutowo, maka jajaran personel Tim SAR Gabungan, sejak pagi hingga saat ini tetap bersiaga dan memantau situasi dari dermaga tambat perahu nelayan setempat. Hal tersebut mengingat, di hari libur awal tahun atau Tahun Baru 2022 ternyata banyak pengunjung berdatangan, untuk berlibur di tempat tersebut.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun menyebutkan, kendati sementara pengunjung cukup ramai tapi masih ramai sebelum berlangsungnya masa pandemi Covid-19. Apalagi, objek wisata alam buatan itu saat masa pandemi juga sempat tutup, dan kabar yang beredar saat menyambut Tahun Baru 2022 ada yang menyebutkan kembali dibuka, tapi ada pula yang menyebutkan objek wisata itu tutup.

Hal itu dibenarkan, Koordinator Tim SAR Tunggulwulung yang bermarkas tak jauh dari lokasi objek wisata tersebut, Mbah Ali alias Mbah Anggur. ”Kendati demikian, barangkali besok atau di hari Minggu juga masih akan ada pengunjung yang berdatangan, sehingga kami bersama jajaran tim SAR lainnya tetap berjaga-jaga serta memantau dari dermaga,”ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, di sekitar dermaga juga terdapat fasilitas gardu pandang, sehingga jika dilihat dari ketinggian, maka objek wisata yang mengandalkan daya tarik pantai ini terlihat jelas. Akan tetapi terlepas dari itu, tim SAR Gabungan, baik dari Kamla, Polair, dan Sahbandar maupun Tunggulwulung tetap harus melakukan pemantauan maksimal.

Sebab, kondisi cuaca pada saat-saat seperti sekarang ini biasanya cukup buruk, terutama pada siang hari saat angin barat kembali bertiup kencang juga disertai dengan turunnya hujan. Jika kondisi demikian, maka gelombang laut dan ombak yang menghantam ke pantai cukup besar, sehingga pengunjung yang semula berada di tepi pantai tetap diminta untuk naik ke darat.

Dengan demikian, sebelumnya terjadi hal-hal diinginkan, maka tim pertolongan harus tetap lebih waspada, agar jangan sampai kecolongan, dan siang tadi kawasan lokasi memang sempat diguyur hujan. ”Karena itu, maka Minggu besok kami bersama tim SAR yang lain akan tetap siaga di kawasan lokasi objek wisata tersebut,”imbuh Mbah Anggur.