Semalam Kelenteng Hok Tik Bio Mulai Ramai Para Pemburu Foto Suasana Imlek

0
69
Suasana Kelenteng Hok Tik Bio di Kompleks Pecinan Pati, pada Minggu (30/Januari) 2022 malam (semalam).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Maraknya suasana dengan warna khas merah sebagaimana kebanyakan warna kelenteng lainnya, ternyata mengundang banyak perhatian. Hal tersebut tentu saja, warga yang melintas di Jl MH Thamrin atau di Kompleks Pecinan, di mana Kelenteng Hok Tik Bio Pati selama ini berlokasi, pun tertarik untuk menyempatkan masuk dan berkunjung ke kelenteng tersebut.

Begitu mengetahui bahwa di serambi maupun di halaman kelenteng banyak yang mengabadikan moment-moment foto dengan suasana menyambut Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022, maka akhirnya yang datang belakangan pun mengikuti. Bahkan, di antara mereka ada rombongan keluarga satu kendaraan dari Yogyakarta pun menyempatkan ikut mengabadikan foto-fotonya di kelenteng itu.

Sementara para pengunjung lainnya yang juga tidak hanya berasal dari dalam Kota Pati, tapi ada yang datang dari Tayu dan juga Jakenan. Bahkan ada pasangan suami istri, dan istrinya tengah hamil dari Jakenan khusus meluangkan waktu karena ingin berfoto swadiri di kelenteng, menjelang penyambutan Tahun Baru Imlek.

Karena itu, begitu sang istri dengan kesibukannya melakukan foto swadiri, maka sang suami pun dengan sabar menunggui di halaman kelenteng. Sedangkan yang lain, adalah pengunjung dari kalangan pasangan suami-istri yang tengajak putra-putrinya untuk diabadikan dalam berbagai gaya foto di suasana kelenteng tersebut, menyambut datangnya tahun baru yang akan berlangsung pada puncaknya, Senin (31/Januari) 2022 malam (nanti malam).

Akan tetapi perlu diketahui, perbedaan waktu dari negara asal budaya penyambutan Tahun Baru Imlek, yaitu di Tiongkok/China, adalah selisi satu jam. Dengan demikian, jika di Tiongkok waktu menunjukkan pukul 00.00 atau 24.00, maka di Tanah Air ini khususnya WIB baru pukul 23.00, berarti Tahun Baru Imlek sudah berganti dari Tahun 2572 menjadi 2573.

Demikian pula, untuk Tahun 2572 di Tahun 2021 yang ber-shio Kuda Kayu pun sudah berganti dengan shio Macan Air. Dengan demikian, di Kelenteng Hok Tik Bio pun disediakan replika hewan untuk shio Macan Air, sehingga hal tersebut menjadi salah satu objek sudut pengambilan gambar oleh para pemburu foto suasana imlek, lengkap dengan pernik-perniknya.

Hanya saja, para pengunjung pun perlu mengetahui bahwa dalam peringatan menyambut Tahun Baru Imlek 2573 ini Kelenteng Hok Tik Bio tidak menggelar keramaian, seperti pasar imlek maupun kirab budaya, mengingat masih dalam suasana masa pandemi. Akan tetapi kegiatan lain yang sudah disiapkan mulai hari ini adalah Warrung Imlek Pati Bumi Mina Tani Gratis.

Bagi yang berminat silakan berkunjung ke Kelenteng Hok Tik Bio, dan warung tersebut akan buka sampai Selasa (1/Februari) 2022 besok. Selebihnya, untuk kegiatan yang sudah disiapkan di hari yang sama adalah bakti sosial membagikan paket 3.000 sembako dan kue keranjang kepada warga kurang mampu.