Polairud Selesai Siapkan Tanam 10.000 Batang Bibit Mangrove di Banyutowo

0
96
Kepala Sat Polairud Polres Pati, AKP Sutamto SH menyerahkan bibit mangrove kepada Kepala Desa Banyutowo dan Kepala Desa/Kecamatan Dukuhseti, di halaman Markas Tim SAR Tunggulwung, Desa Banyutowo, Selasa (18/Januari) 2022 tadi pagi.(Foto:SN/dok-tam)

SAMIN-NEWS.com PATI – Menindaklanjuti program Kapolda Jateng bertemakan ”Polda Jateng Mageri Segara,” dengan tanaman mangrove, maka Sat Polairud Polres Pati, Selasa (18/Januari) 2022 hari ini selesai melakukan persiapan untuk melalukan penanaman bibit pohon tersebut. Sesuai jadwal, Rabu (19/Januari) 2022 besok penanaman 10.000 batang bibit mangrove akan dilaksanakan di kawasan pantai Desa Banyututowo dan Desa/Kecamatan Dukuhseti.

Mengingat banyaknya bibit pohon tersebut yang harus ditanam, dan juga para peserta yang berpartisipasi dalam pelaksanaan yang akan dipimpin langsung Kapolres Pati, AKBP Cristian Tobing SIk, maka persiapan dilakukan sejak awal. Selain pembagian bibit pohon kepada kedua desa kawasan pantai masing-masing 5.000 batang juga persiapan lokasi penanaman, termasuk tempat pemasangan baner.

Sementara Kasat Pol Airud AKP Sutamto SH melaporkan kesiapan apel bersama pelaksanaan tanam bibit mangrove di pesisir Pantai Cinta ikut Desa/Kecamatan Dukuhseti dengan mendirikan tempat baner. Selain itu juga penerimaan bibit dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebanyak 10.000 batang yang diterima pihaknya yang selanjutnya diserahkan kepada perangkat Desa Dukuhseti.

Selebihnya adalah persiapan area penanaman dengan memasang /menancapkan batang bilah bambu, sebagai penyangka bibit. ”Tujuannya, agar bibit mangrover yang sudah ditanam itu saat terkena terpaan alun maupun ombak tIdak mudah roboh atau hanyut,”ujarnya.

Pemasangan tempat baner di lokasi penanaman mangrove dan bilah bambu penahan bibit setelah ditanam.(Foto:SN/dok-tam)

Selain melaporkan persiapan penanaman pohon mangrove tersebut kepada Kapolres Pati, AKBP Cristian Tobing SIk, lanjut Sutamto, pihaknya juga melaporkan hal sama kepada Dirpolairuda Jateng. Untuk tembusannya disampaikan kepada Kabag Bin Opsnal Ditpolairudda Jateng juga ke Waka Polres dan PJU Polres Pati.

Hadir dalam apel persiapan tanam bibit pohon mangrove tersebut, selain Waka Polsek Dukuhseti Iptu Daryono beserta anggota, BKO Dirpolairudda Jateng AIPDA Yeni Riyanto SH beserta anggota, Ketua Relawan Tim SAR Tunggulwulung, serta Kepala Desa (Kades) Banyutowo beserta perangkatnya.

Untuk pelaksanaan penanaman, Rabu (19/Januari) 2022 besok didahului apel peserta yang dipimpin Kapolres Pati, AKBP Cristian Tobing SIk. Sedangkan jumlah peserta penanaman diperkirakan mencapai 300 orang, karena diikuti pula jajaran Forkopimda dan instnasi Maritim serta Perikanan di Kabupaten Pati.

Sedangkan yang lainnya, ada pula para relawan, siswa SMA dan SMK di Kecamatan Dukuhsweti. ”Selain itu juga dari kalangan pemerhati dan pecinta lingkungan, serta beberapa kalangan lainnya,”imbuh AKP Sutamto.