Personel Kompi Brimob Pati dan TNI Ikut Ambil Bagian Bersih-bersih Kelenteng

0
63
Personel Kompi 4 Yon A Pelopor Brimob Pati saat harus membersihkan halaman yang Kelenteng Hok Tik Bio Pati, baik membersihkan rumput maupun mengepel bagian ”paving block di halaman yang lincin.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kesibukan mulai tampak di lingkungan Kelenteng Hok Tik Bio, di kompleks Pecinan Pati. Sebab, dalam hitungan watuk beberapa hari lagi akan berlangsung pergantian Tahun Baru Imlek dari 2572 di Tahun 2021 ke 2573 di Tahun 2022, Selasa (1/Februari) 2022 mendatang.

Karena itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap kali menyambut datangnya Tahun Baru Imlek, personel jajaran TNI/Polri selalu terlibat dalam upaya membersihkan kelenteng di Jl MH Thamrin Pati tersebut. Bahkan, kadang-kadang juga sampai jauh di Jl Setia Budi, masuk kawasan Pecinan Pati.

Akan tetapi, papar Koordinator Gusdurian Pati, KH Happy Irianto, dalam kesempatan menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022 ini untuk bersih-bersih cukup di dalam lingkungan kelenteng. ”Sebab, dalam kondisi masih masa pandemi ini kami tidak menggelar Pasar Imlek Bumi Mina Tani, sehingga tidak perlu harus bersih-bersih sampai di luar lingkungan kelenteng,”ujarnya.

Suasana Kelenteng Hok Tik Bio Pati yang sudah berhias dengan maraknya lampions (atas) dan Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto bersama personel dari kalangan TNI saat harus mengayak abu dari pembakaran yuswa untuk sembayangan selama satu tahun.(Foto:SN/aed)

Kendati demikian, lanjutnya, dalam kondisi masa pandemi Covid-19 yang melekat hingga pergantian Tahun Baru Imlek untuk kali ketiga ini, Gusdurian tidak kehilangan momentum dalam memberikan makna penyambutan pergantian tersebut. Apalagi, seluruh rangkaian ritual penyambutannya sudah terjadwal secara rinci sampai nanti dua pekan atau limabelas hari setelah perayaan penyambutan tahun baru itu.

Sedangkan momentum tetap teragendakannya penyambutan Tahun Baru berdasarkan Astrologi Tionghoa ini yang dirasakan paling tepat sasaran adalah bakti sosial masyarakat  (Baksos). ”Jadwal kegiatan sosial itu akan disampaikan langsung dari rumah ke rumah kepada warga yang berhak menerima ,”imbuh KH Happy Irianto.

Dalam kesempatan kegiatan bersih-bersih Kelenteng Hok Tik Bio itu, Komandan Kompi 4 Yon A Pelopor Brimob Pati, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bambang Budi Leksono SH, hadir di lokasi kelenteng sejak pagi. Bahkan sampai kegiatan personel anggotanya berakhir sekitar pukul 11.30 yang bersangkutan terlibat perbincangan santai dengan KH Happy Irianto.