Lagi, Binda Jateng Vaksinasi Covid-19 Target 19 Ribu Dosis

0
54

SAMIN-NEWS.com, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menargetkan 19 ribu warga yang menerima vaksinasi Covid-19 di 13 kabupaten pada Kamis (20/1/2022) kemarin. Sasarannya adalah untuk anak usia 6-11 tahun serta bagi masyarakat umum yang belum menerima vaksinasi maupun vaksinasi booster.

Ke-13 kabupaten daerah di Jateng tersebut yakni meliputi Kabupaten Temanggung, Purworejo, Magelang, Pati, Rembang, Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Sukoharjo, Banyumas dan Banjarnegara.

Berdasarkan keterangan Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto menyebut vaksinasi massal kali ini dengan mendirikan 18 sentra vaksinasi di 13 kabupaten tersebut. Adapun vaksinasi door to door (jemput bola) dilaksanakan di Kabupaten Banyumas, Purworejo dan Magelang. Sedangkan vaksinasi booster hanya di dua daerah, yaitu Pati dan Sukoharjo.

Menurut Sondi, dukungan orang tua dan seluruh elemen satuan pendidikan, seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi anakusia 6-11 tahun.

“Dan kami juga berharap orang tua siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka ditengah pandemi saat ini,” ujar Kabinda Jateng.

Di lain sisi, lanjutnya bahwa vaksinasi Covid-19 secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Ketika warga berhalangan datang, maka tetap bisa menerima vaksin dengan bentuk jemput bola.

Sondi menambahkan sesuai amanat presiden Joko Widodo untuk melaksanakan vaksinasi booster. Adapun target vaksin booster adalah masyarakat di atas 18 tahun serta minimal telah mendapatkan vaksin lengkap enam bulan sebelumnya.

Berbagai upaya vaksinasi dilakukan oleh Binda Jateng agar varian baru tidak menyebar di Jawa Tengah, salah satunya dengan mengebut cakupan vaksinasi Covid-19 secara massal di tempat yang disediakan maupun door to door.

“Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), sehingga masyarakat tahan terhadap virus covid 19 yang terus bermutasi,” tandasnya.