Kecelakaan Tronton di Simpang Rapak, Kaltim Diduga Rem Blong

0
29
Kecelakaan Tronton di Simpang Rapak, Kaltim pada Jumat (21/1/2022) tadi pagi diduga lantaran rem blong

SAMIN-NEWS.com, Kecelakaan truk tronton yang menabrak beberapa kendaraan roda dua dan roda empat di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) pagi, merenggut korban jiwa.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Yusuf Sutejo mengatakan dari penelusuran awal dan olah TKP, awalnya terjadi antrean di lampu merah Simpang Rapak. Selanjutnya, dari arah belakang meluncur truk tronton yang mengangkut kapur pembersih air seberat 20 ton.

“Karena kondisi geografis jalan tersebut menurun dan kondisi truk tronton tersebut secara teknik, hasil pemeriksaan awal kita remnya blong,” kata Yusuf dikutip Kompas.com.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan awal itu juga diketahui sang sopir sempat berusaha menurunkan kecepatan gigi dengan menggunakan engine brake. Tetapi, usahanya itu tidak lantas bisa menghentikan laju truk tronton yang dikendarai.

Hingga akhirnya, truk tronton itu meluncur dengan cukup kencang menabrak puluhan kendaraan roda dua maupun empat yang tengah berhenti karena sedang lampu merah menyala.

“Dia (sopir) sudah menurunkan kecepatan gigi dengan menggunakan engine brake, tetapi kendaraan tetap meluncur dan menabrak kendaraan yang mengantre di lampu merah,” ujar dia.

Korban meninggal dunia sampai dengan saat ini dilaporkan lima orang. Sebanyak 13 orang mengalami luka berat, dan satu orang kondisinya masih kritis. Sedangkan sebanyak enam unit kendaraan roda empat dan 14 unit sepeda motor dalam insiden kecelakaan ini.