Jaringan Gusdurian Tanggapi Sesajen Ditendang Lelaki di Semeru, ‘Repot Model Begini’

0
92
Jaringan Gusdurian Tanggapi Sesajen Ditendang Lelaki di Semeru

SAMIN-NEWS.com, Beberapa hari lalu, sebuah video beredar yang memperlihatkan sesajen di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur ditendang oleh seseorang menjadi cukup viral di media sosial.

Video yang berdurasi 24 detik tersebut memperlihatkan seorang lelaki menendang sesajen yang diwadahi di baskom warna biru. Dalam aksi itu, seorang laki-laki sambil menyerukan kalimat takbir.

Terkait dengan kejadian ini, publik pun dibuat kaget dan menimbulkan reaksi amarah. Bahkan, putri almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Alissa Wahid juga merespon kejadian viral ini.

Ia menyayangkan kejadian ini, lantaran sesajen merupakan bentuk manifestasi keyakinan seseorang. Dengan kata lain, kepercayaan terhadap apa yang menjadi keyakinannya tidak boleh dipaksakan terhadap orang lain.

“Meyakini bahwa sesajen tidak boleh, monggo saja. Tapi memaksakan itu kepada yang meyakininya, itu yang tidak boleh,” kata Alissa di Twitter @AlissaWahid yang dikutip Selasa (11/1/2022).

Alissa berpendapat bahwa meyakini atau sebaliknya terhadap sesajen dikembalikan pada masing-masing individu. Tetapi yang tidak boleh adalah memaksakan kehendak.

Oleh karena itu, pihaknya menegaskan orang-orang kaku yang tak menghargai dan menghormati keyakinan orang lain membuat repot. Betapa tidak, pasalnya dunia merupakan tempatnya semua makhluk Tuhan.

“Repot memang kalau ketemu yang model2 begini. Susah banget memahami bahwa dunia bukan milik kelompoknya saja,” tambah Alissa yang juga sebagai Koordinator Jaringan Gusdurian ini.