Balita Desmon Jack Torito Diperbolehkan Pulang oleh Dokter yang Marawatnya

0
101
Kondisi terakhir bayi lima tahun (Balita) Desmon Jack Torito sebelum dan sesudah meninggalkan rumah sakit, tempat bocah itu dirawat.(Foto:SN/dok-bur)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati, sejak Rabu (19/Januari) 2022 lalu, bayi lima tahun (Balita) Desmon Jack Torito (1,5) itu akhirnya diperbolehkan pulang oleh dokter yang merawatnya. Akan tetapi, kepulanganya tidak ke desa asal, Plangitan, Kecamatan Pati melainkan ke rumah kontrakan, di Desa Blaru, kecamatan setempat.

Bocah laki-laki yang lahir dari buah kasih pasangan suami-istri keluarga tidak mampu itu, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan intensif. Hal itu menyusul bagian dada bocah itu tersiram air panas, tapi saat kejadian ayahnya masih berada di laut sebagai anak buah kapal (ABK) penangkap ikan, sehingga hal itu berlangsung sampai beberapa bulan.

Karena itu, papar Ketua Yayasan Subur Makmur Sejahtera, Subur Wahyudi, ketika pihaknya melihat kondisi yang sangat memprihatinkan tersebut, maka langkah cepat yang diambil adalah membawa balita Desmon ke RSUD RAA Soewondo. ”Kami memang menjaminkan diri sebagai pihak yang harus bertangggung jawab atas timbulnya pembiayaan selama bocah itu dirawat, dan alhamdulillah setelah sekitar sepekan sudah dizinkan pulang,”ujarnya.

Mengingat bocah itu memang dari keluarga kurang mampu, lanjut Subur Wahyudi, maka pihaknya pun harus membuka open donasi dengan mengetuk hati dan simpati dari orang-orang baik yang bersedia menjadi dewa penolong. Karena itu, media online ”Samin News” juga memberikan dukungan untuk menyampaikan tentang kondisi bocah yang harus menjalani perawatan di rumah sakit atas musibah tersiram air panas yang menimpanya.

Atas publikasi open donasi Yayasan Subur Makmur Sejahetara di media tersebut, akhirnya didengar dan diketahui oleh pihak  BPRSDM ”Marga Laras” Pati yang tak lain adalah milik Kementrian Sosial RI. Dengan demikian, permasalahan yang dihadapi keluarga Desmon Jack Torito langsung ditindaklanjuti dengan turun langsung ke lapangan, yaitu membantu pembiayaan perawatan selama bocah itu dirawat di RSUD RAA Soewondo.

Kendati demikian, pihaknya tetap terus mendampingi dengan menyalurkan hasil open donasi yang sementara terkumpul sebanyak Rp 1 juta, dan diupayakan masih tetap membuka bagi siapa saja orang baik yang hendak memberikan uluran tangan. ”Sebab, setelah diperbolehkan pulang maka Desmon tetap diharuskan menjalani berobat jalan untuk mengontrol kondisi luka-lukanya, dan hal itu tetap membutuhkan biaya.

Harapannya, tentu saja balita Desmon Jack Torito bisa segera sembuh dan sehat kembali. ”Terima kasih kepada orang-orang baik yang telah memberikan uluran tangan untuknya. Lemah teles, Gusti Allah ingkang mbales,”imbuhnya.