Akhir Bulan Ini Paket Pekerjaan Bendung Blado Harus Tuntas

0
58
Pelaksanaan paket pekerjaan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo yang harus diperpanjang hari kalendernya sampai saat ini masih terus berlanjut.(Foto:SN/dok-ri)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Paket pekerjaan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, akhir bulan januari 2022 ini harus tuntas. Jika tidak maka pemutusan kontrak terpaksa harus dilakukan, mengingat rekanan yang bersangkutan sudah diberi perpanjangan waktu mulai dari 21 Desember 2021 hingga sekarang.

Dengan demikian, perpanjangan waktu tersebut secara keseluruhan berlangsung selama 40 hari kalender yang seharusnya paket pekerjaan pembangunan bendung baru sudah bisa dituntaskan. Untuk perpanjangan hari kalender tersebut, sudah barang tentu diikuti denda keterlambatan yang sesuai ketentuan per hari adalah per mil, sehingga setelah perpanjang tetap tidak bisa tuntas adalah pemutusan kontrak.

Pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Tari, ketika ditanya berkait hal tersebut mengungkapkan bahwa kedala yang dihadapi di lapangan selama ini adalah karena faktor cuaca yang tak bisa diajak kompromi. ”Sebab, setiap hari kalender para pekerja harus menghadapi turunnya hujan deras sehingga harus berhenti dan hanya bekerja setengah hari,”tandasnya.

Dampak dari kondisi cuaca tersebut, lanjutnya, juga menyebabkan di lokasi pekerjaan sering terjadi limpasan air masuk ke lokasi sampai menggenang bagian pekerjaan yang belum bisa dituntaskan. Akibat yang ditimbulkan kadang-kadang genangan air tersebut juga membawa lumpur, dan endapan lumpur itu menutup bagian pekerjaan, baik mercu bendung maupun sayap  hilir kiri dan kanan.

Jika sudah demikian, maka waktunya pun banyak tesita untuk menyedot dan membersihkan lumpur sampai benar-benar bersih, barulah pekerjaan yang belum selesai baru bisa dilanjutkan. Sampai Sabtu (15/januari hari ini) untuk pekerjaan pasangan batu pada sayap kiri hilir bendung akan bisa dituntaskan karena hanya tinggal beberapa meter saja.

Tahap berikutnya, akan dilanjutkan dengan penataan tanah hasil galian yang untuk menutup bagian hilir bendung harus dibuka, dan hal itu memakan waktu selama empat hari maksimal. ”Jika pekerjaan tersebut selasai, kami baru melaksanakan pekerjaan lanjutan, yaitu pemasangan intek kiri yang melintang di jalan, dan kurang dari sepuluh hari sudah bisa dituntaskan,”imbuhnya.