Universitas Terbuka Salut Cempaka Pati Masuk Desa

0
237
Ketua Salut Cempaka Pati, Daryati SPd MPd  dan salah satu selebaran brosur pendaftaran mahasiswa baru Tahun  2022.(Foto:SN/dok-dar)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Melalui jaringan pertemanan dalam grup WA, Salut Cempaka Pati kini mengembangkan program dengan sasaran Universitas Terbuka (UT) masuk ke desa di Kabupaten Pati. Hal tersebut menyusul selesai dibukanya Kantor Salut Cempaka beberapa waktu lalu, di belakang Pengadilan Negeri (PN) setempat, masuk Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo.

Melalui program itu diharapkan agar masyarakat mengenal lebih jauh tentang UT, sehingga UT pun dicintai dan ada di hati masyarakat. Dengan demikian, masyarakat juga bisa lebih jelas bahwa UT Perguruan Tinggi Negeri kelas dunia itu memang benar-benar ada, karena kuliahnya juga ada di pelosok desa, di seluruh daerah di Indonesia, dan bahkan di seluruh negara Asia.

Dengan UT masuk desa, papar Ketua Salut Cempaka Pati, Daryati SPd MPd, sampai saat ini terus berupaya ikut serta mencerdaskan masyarakat Bumi Mina Tani. Di sisi lain, target Tahun 2022 yang tinggal tidak beberapa lama lagi, jumlah mahasiswa UPBJJ UT Semarang, adalah sebanyak 5.000 sehingga semoga saja bisa terwujud.

Karena itu, melalui program UT masuk desa yang mulai dilaksanakan awal bulan ini atau sepekan lalu ternyata cukup efektif. ”Sebab, kami cukup menggalangkan jaringan pertemanan melalui grup WA yang ada di kecamatan-kecamatan, kemudian personel teman yang bersangkutan menyebarluaskannya ke desa-desa di wilayah kecamatan itu,”ujarnya

Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Tahun 2021 sebagai Universitas Terbuka (UT) atas rekor Perguruan Tinggi dengan Jangkauan Layanan Terluas dan Perguruan Tinggi dengan Alumni Terbanyak .(Foto:SN/dok-dar)

Sedangkan materi program yang disebarkan ke desa-desa tersebut, lanjutnya, yaitu berupa foto-foto brosur tentang UT, termasuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, dan juga fasilitas tempat kuliah maupun yang lainnya. Selain itu, juga pengenalan UPBJJ UT Semarang Salut Cempaka Pati, sehingga masyarakat pun dengan mudah mengakses serta mendapatkan informasi.

Sebab, setelah dari kecamatan jaringan pertemanan lewat WA tersebut akan meneruskan pembagian brosur-brosur tersebut melalui para kepala desa (Kades). Berikutnya, para Kades juga dimohon untuk bisa membantu nge-share brosur tersebut ke ketua RT, dan dari para ketua RT akan nge-share ke warga di lingkungannya.

Piagam penghargaan MURI Tahun 2021 atas rekor sebagai Perguruan Tinggi dengan Lulusan Terbanyak yang Lulus Seleksi CPNS Formasi 2019.(Foto:SN/dok-dar)

Hal tersebut pihaknya pun optimistis, bahwa brosur-brosur tentang UT Salut Cempaka Pati ini akan terbawa dalam pertemuan ibu-ibu PKK maupun Kelompok Dasa Wisma. Dengan demikian, masyarakat  akan mengenal lebih dekat, bahwa kuliah di UT itu tidak hanya bisa dilakukan bagi mereka yang sudah menjadi PNS, tapi juga oleh para lulusan SLTA.

Sampai Senin (6/Desember) 2021 kemarin jaringan pertemanan yang di kecamatan sudah menyatakan dengan senang hati akan ikut membantu menyebarluaskan program UT Masuk Desa, sehingga diharpakan sampai akhir bulan ini sudah tuntas. ”Adapun beberapa kecamatan tersebut di antaranya Kayen, Tambakromo, Juwana, Winong, Pucakwangi, Jakenan, Jaken, serta Kecamatan Batangan, dan Januari 2022 nanti sasarannya ganti ke SLTA-SLTA di Pati,”imbuh Daryati.