Tim SAR Tunggul Wulung Kembali Malakukan Penyisiran untuk Temukan Dua Nelayan Puncel

0
149
Perahu nelayan Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Pati saat tambat di alur Kali Puncel atau sekitar depan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat.(Foto:SN/dok.tw)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pagi tadi, Selasa ( 7/Desember) 2021 Tim SAR Tunggul Wulung yang bermarkas di Dukuh Slempung, Desa/Kecamatan Dukuhseti, kembali turun ke parairan kawasan pantai utara Kabupaten Pati. Sebab, dua nelayan Puncel, kecamatan setempat yang sejak Sabtu (4/Desember) siang lalu berangkat melaut, sampai pagi ini diketahui belum juga kembali atau diketemukan.

Kedua nelayan yang bersangkutan, masing-masing adalah Sunardi dan Irul yang saat berangkat melaut menggunakan perahu nelayan miliknya, Sri Kawit. Sedangkan kebiasaan mereka saat melaut memilih lokasi perairan sekitar Pulau Mandalika yang notabene masuk kawasan perairan Jepara, tapi lokasinya berdekatan dengan wilayah Desa Puncel.

Hal itu dibenarkan Ketua Tim SAR yang bersangkutan, Mbah Ali alias Mbah Anggur, bahwa pihaknya pagi tadi kembali melakukan pencarian dengan harapan cuaca tidak terlalu buruk sehingga hal tersebut bisa dilakukan sampai siang hari. ”Kami memang hanya membawa perbekalan seadanya, tapi utamanya tentu peralat untuk pengaman diri,”ujarnya.

Target sasaran pencarian juga akan dilakukan di perairan Banyutowo sampai Tayu hingga pantai wilayah Margoyoso.(Foto:SN/aed)

Mengingat saat berangkat melaut dilakukan pada siang hari, lanjutnya, maka siang itu cuaca memang tidak bersahabat karena angin barat bertiup kencang, sehingga ombak dan gelombang pun cukup besar. Karena itu, dalam melakukan pencarian timnya adalah melakukan penyisiran di wilayah perairan Banyutowo ke arah Tayu, Margotuhu, Pangkalan hingga ke Juwana.

Sementara tim dari Solidaritas Nelayan Puncel, berangkat dengan kembali menyisir perairan kawasan Pulau Mandalika. Sesuai koordinasi antartim, dari Puncel juga akan menyisir sampai ke perairan pantai Pecangaan, Jepara, dan melalui upaya pencairan tersebut semua tim maupun warga Puncel tentu mengharap agar kedua nelayan yang bersangkutan bisa segera diketemukan.

Karena itu, kepada warga yang mempunyai kebiasaan memancing atau mencari ikan dan yang lainnya di perairan dangkal, jika menemukan keduanya dimohon bantuan untuk segera melapor kepada aparat pemerintahan setempat atau jajaran kepolisian terdekat. ”Kami bersama tim juga mohon doa restu, agar pencarian dua nelayan Puncel hari ini bisa ketemu,”imbuh Mbah Ali.