TBM Rumah Baca Kreatif Langgenharjo Galang Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

0
47

SAMIN-NEWS.com, PATI – TBM Rumah Baca Kreatif (RBK) menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12). Aksi ini sebagai bentuk empati yang rencananya bantuan penggalangan tersebut akan disalurkan ke posko bantuan di lokasi bencana.

Dalam kegiatan itu, RBK menggandeng semua elemen masyarakat, utamanya Desa Langgenharjo. Mulai dari Pemuda Pemudi Langgen (PPL), PAC IPNU-IPPNU Juwana serta masyarakat setempat. Penggalangan tersebut juga dimeriahkan dengan acara musik yang disentralkan di basecamp PPL.

TBM Rumah Baca Kreatif Langgenharjo, bersama sejumlah pihak Galang Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

“Juga membuka stand amal dengan menjual minuman serta tanaman hias yang nantinya dialokasikan untuk donasi. Ini kegiatan rutinan kita ketika ada saudara kita terkena bencana,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara, Ismuslim.

Aksi penggalangan bantuan dilaksanakan hingga dua hari mulai 11-12 Desember sejak pagi hingga malam hari. Bantuan terkumpul hingga jutaan rupiah dalam bentuk uang, pakaian anak-anak, perempuan dan dewasa.

Ismuslim melaporkan uang terkumpul sebesar Rp 4.707.600. Kemudian 4 kardus pakaian layak pakai serta 1 kardus mie instan. Semua bentuk bantuan tersebut telah disalurkan ke Organisasi Rescue Independen (ORI) Kecamatan Juwana, yang akan langsung di salurkan ke Kabupaten Lumajang.

“Semoga mampu menggugah dan menggerakkan rasa persaudaraan masyarakat Langgenharjo. Dan terima kasih untuk para donator menyisihkan sebagian uangnya untuk membantu kepada korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang,” imbuhnya.

Sementara itu, Udin satu di antara masyarakat setempat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat positif untuk kemanusiaan korban erupsi Gunung Semeru.

“harus rutin ya, ketika ada kebencanaan seperti ini atau yang membutuhkan uluran tangan. Masyarakat bangga dengan gerakan seperti ini,” tuturnya.