Sistem Pengamanan Di Satpas SIM Baru Lebih Canggih, Calo Tak Bisa Masuk

0
246
Pelayanan Satpas SIM Polres Pati dilengkapi dengan sistem One Gate System akses keluar masuk menggunakan barcode

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mulai tanggal 6 Desember 2021, pelayanan SIM telah berpindah tempat dari semula di belakang kantor Satlantas Polres Pati. Sekarang kantor Satpas SIM baru terletak di jalan AKBP Agil Kusumadya Desa Ngarus, Kecamatan Pati Kota. Atau bisa juga untuk menjangkaunya menggunakan bantuan Google Maps.

Pelayanan di Satpas SIM baru lebih representatif. Pasalnya dilengkapi dengan sistem pengawasan yang ketat untuk melayani masyarakat secara optimal. Termasuk akses keluar masuk hanya tersedia satu pintu menggunakan barcode.

“Pelayanannya lebih sempurna, mulai dari One Gate System masuknya harus memakai barcode, selain yang berkepentingan tidak bisa masuk hanya yang mengurus SIM,” ujar Baur SIM Satlantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno, Rabu (8/12/2021).

Disebutkan sarana prasarana di Satpas SIM baru tersedia lebih lengkap dan memadai. Kemudian lapangan uji praktik KBM sudah tersedia di belakang kantor Satpas SIM.

“Untuk uji praktik KBM (roda 4) di sebelah kanan, sementara SPM (roda dua) di sebelah kiri. Ini cukup memadai sesuai dengan Perka maupun Perpol yang ada di Undang-undang,” imbuhnya.

Kemudian, Bripka Hery menambahkan penerapan One Gate System ini diberlakukan karena untuk meminimalisir adanya praktik calo. Selain itu, bukan orang yang berkepentingan dilarang masuk di lingkungan Satpas SIM.

“Pemohon SIM saat masuk diberikan barcode untuk memasuki ruangan. Tanpa punya barcode, maka tidak bisa masuk di ruangan,” tegas Bripka Hery.

Ia melanjutkan, ruangan yang dipasang sistem One Gate System ini seperti di ruangan pendaftaran, loket foto, loket uji teori dan semua akses pintu menggunakan barcode tersebut. Menurutnya, yang pasti ditujukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.