Sebelum HK Berakhir Peningkatan Ruas Jalan Jolong-Pohgading Tuntas

0
106
Pengaspalan ruas jalan dari objek Agro Wisata Jolong - Pohgading, Kecamatan Gembong, Kamis (16/Desember) 2021 hari ini tuntas.(Foto/SN-dok-cip)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sesuai kontrak pelaksanaan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan dari objek Agrowisata Jolong – Pohgading, Kecamatan Gembong sepanjang 3.30 meter, adalah Senin (27/Desember) 2021 mendatang. Akan tetapi setelah rekanan melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya secara maksimal, ternyata Kamis (16/Desember) 2021 hari ini meskipun hari kalender (HK) belum berakhir, tapi pekerjaan bisa dituntaskan.

Dengan demikian, rekanan yang bersangkutan masih mempunyai sisa HK selama 11 hari sehingga cukup untuk membenahi bagian pekerjaan yang belum maksimal, utamanya adalah beberapa ruas bahu jalan yang pemadatannya merupakan dari material tanah uruk baru.  Sebab, pelaksanaan paket pekerjaan tersebut selain pelapisan aspal, adalah pemasangan talud sehingga ada bagian bahu jalan yang harus dilakukan pengurukan dengan tanah uruk baru.

Pengawas lapangan dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Cipto ketika ditanya membenarkan hal tersebut, sehingga dengan HK yang masih tersisa bisa dimanfaatkan untuk pemaksimalan. ”Karena itu, upaya penataan bahu jalan yang urukannya belum maksimal masih bisa dimaksimalkan,”ujarnya.

Pada kondisi ruas jalan dengan tanjakan, turunan dan tikungan tajam ada bagian yang masih harus dimaksimalkan, yaitu pemadatan/penguatan badan jalan.(Foto:SN/aed)

Selesai pemaksimalan, lanjutnya, tentu akan lebih baik jika pihak berkompeten atau dinas terkait yang mempunyai wewenang untuk memasang bagian kelengkapan lainnya untuk jalan lainnya, jika hal tersebut dilaksanakan tentu lebih baik. Yang pertama, adalah pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) agar bila malam hari para pengguna jalan saat melintas tidak terlalu gelap.

Demikian pula, banyaknya tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam maka yang mendesak untuk segera dipasang adalah pagar pengaman (guardtill). ”Selebihnya adalah rambu-rambu peringatan, dan yang tak kalah penting adalah cermin cembung, karena hal itu akan sangat membantu para pengguna jalan saat harus melintasi di tikungan tajam,”tandasnya.

Ditanya dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, Eko Budi Santosa membenarkan, pihaknya sudah mendapat informasi tentang kondisi akses ruas jalan baru antara objek Agrowisata Jolong-Pohgading, Kecamatan Gembong. ”Hal itu sudah kami sampaikan kepada pimpinan, dan akan segera ditindaklanjuti dengan melakukan survei lapangan lebih dahulu,”imbuhnya.