Puan Serukan Dirikan Dapur Umum Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru

0
45
Ketua DPR RI, Puan Maharani Minta dirikan dapur umum bantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru

SAMIN-NEWS.com, Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan belasungkawa untuk warga yang menjadi korban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur pada Sabtu (4/12).

Puan meminta kebutuhan warga terdampak guguran awan panas erupsi Gunung Semeru harus menjadi prioritas saat ini.

“Kebutuhan warga terdampak harus menjadi prioritas,” ujar Puan dikutip akun Instagram Ketua DPR RI, Senin (6/12/2021).

Hingga saat ini Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian korban di sekitar lereng Gunung Semeru. Pemerintah bersama jajaran BNPB, Basarnas, TNI/Polri telah bekerja cepat dalam melakukan tanggap darurat.

Para korban terdampak erupsi Gunung Semeru perlu sekali diperhatikan dan dijamin kebutuhan dasarnya. Seperti halnya tempat pengungsian, makanan, selimut alat-alat medis, akses jaringan dan termasuk pendirian dapur umum.

“sediakan dapur umum agar kebutuhan makan pengungsi terjamin, logistik lain seperti selimut, alas untuk tidur, hingga ketersediaan air dan listrik juga harus diperhatikan,” imbuh Puan.

Berdasarkan data informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu (5/12) pukul 17.00 WIB terdapat 69 orang mengalami luka-luka, 14 orang meninggal dunia dan sekitar 5.205 orang terdampak erupsi.

Akibatnya sedikitnya 902 orang mengungsi di tiga lokasi berbeda. Di Kecamatan Pronojiwo sejumlah 305 orang, Kecamatan Candipuro terdapat 409 orang yang mengungsi dan di Kecamatan Pasirian 188 orang yang tersebar di berbagai titik.