Presiden Resmikan Embung di Jawa Tengah Senilai 33,4 Miliar

0
107
Presiden Joko Widodo meresmikan embung di Jawa Tengah yang senilai 33,4 miliar. Foto: bpmi setpres

SAMIN-NEWS.com, Presiden Joko Widodo meresmikan empat embung dalam kunjungannya di Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). Total 33,4 miliar rupiah dari pembangunan embung-embung tersebut.

Keempat embung tersebut adalah Embung Bansari di Kabupaten Temanggung, Embung Dukun dan Embung Pagergunung yang ada di Kabupaten Magelang, serta Embung Tlogoguwo yang ada di Kabupaten Purworejo.

“Meresmikan empat embung yang telah kita bangun dari 66 embung yang kita bangun di tahun 2021 ini,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya sebagaimana dikutip biro setpres.

Dibangunnya embung itu, kata dia akan berpengaruh besar terhadap produktivitas hasil pertanian di sekitarnya. Pasalnya, adanya embung mampu dijadikan sumber pengairan baku, termasuk di antaranya juga bermanfaat mendatangkan ekonomi pariwisata setempat.

“Telah siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian bisa lebih baik dan juga bisa juga airnya dipakai untuk air baku di rumah-rumah, serta untuk pariwisata masyarakat,” harap Presiden Jokowi.

Dari total biaya pembangunan 33,4 miliar itu, terdiri dari masing-masing Embung Bansari menghabiskan sebesar Rp9,2 miliar, Embung Dukun Rp8,4 miliar, Embung Pagergunung senilai Rp4,2 miliar sedangkan Embung Tlogoguwo dibangun dengan biaya Rp8,4 miliar.

Kemudian, berdasarkan data dari Kementerian PUPR, diketahui Embung Bansari di Kabupaten Temanggung memiliki kapasitas tampung 8,588 meter kubik dengan luas genangan 0,56 hektar. Embung Dukun di Magelang memiliki kapasitas tampung 16.395 meter kubik dengan luas genangan 0,578 hektar.

Sementara itu, Embung Pagergunung juga di Kabupaten Magelang diketahui memiliki kapasitas tampung 7.500 meter kubik dengan luas genangan 0,32 hektar. Dan Embung Tlogoguwo di Kabupaten Purworejo diketahui memiliki kapasitas tampung 15.775 meter kubik dengan luas genangan 0,573 hektar.