Berkat Aplikasi Santun, Kabupaten Pati Raih Penghargaan Smart City

0
102
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto (kanan) saat menerima penghargaan Smart City dimensi Smart Society.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kabupaten Pati mendapat piagam penghargaan sebagai salah satu kabupaten/kota terbaik dalam implementasi program smart city untuk Gerakan Menuju Smart City yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Indriyanto dalam acara Indonesia Smart City Converence yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD City) Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (14/12/2021).

Pati mendapatkan kategori Kabupaten/Kota terbaik Dimensi Smart Society 2021 lewat Aplikasi Pati Santun. Aplikasi Pati Santun merupakan suatu aplikasi web yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan permohonan santunan kematian.

Indriyanto berharap dengan penghargaan ini menjadikan Pati semakin maju dalam penerapan dan pengembangan kota cerdas melalui Gerakan Menuju Smart City. Serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat Bumi Mina Tani.

“Dengan penghargaan ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pemberian santunan kepada warga yang keluarganya meninggal semakin mudah dan sebagai wujud komitmen Pemda Pati dalam membantu kemudahan warganya,” kata Indriyanto.

Dalam kegiatan itu, Kominfo juga memberikan penghargaan kepada sejumlah Kabupaten/Kota se-Indonesia. Sebanyak 100 Kabupaten/Kota berhasil mengikuti implementasi program kota cerdas (smart city) tahun 2021 dan 48 kota/kabupaten yang berada pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Kawasan Ibu Kota Negara Baru berhasil menyusun masterplan kota cerdas (smart city).

Sebagai informasi, terdapat 6 dimensi dalam pelaksanaan Smart City yaitu Dimensi Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Di tiap dimensi tersebut, ada quick wins masing-masing. Untuk Pati meraih dimensi smart society dengan aplikasi Pati Santun dinilai berhasil oleh Tim Kemkominfo RI dalam pelaksanaannya.