Pesenam Cilik Widya Fatma Izzati yang Sarat Prestasi

0
65
Pesenam cilik, Widya Fatma Izzati yang baru duduk di bangku Kelas II SD Negeri 01 Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Pati.(Foto:SN/dok-sam)

SAMIN-NEWS.com, USIANYA belum genap sepuluh tahun karena masih duduk di bangku Kelas II SD Negeri 01 Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, tapi gerakan tubuhnya sehari-hari cukup lentur. Itulah Widya Fatma Izzati, pesenam cilik putri yang tergabung dalam Persani Pati bersama pesenam cilik lainnya, seperti Zalfa Azkyra Asegaf, dan juga Latisha Zahiratun Najma.

Akan tetapi, ketika tampil dalam Kejuaraan Senam Artistik Kategori I Tingkat Jawa Tengah dan DIY, di Cilacap, 15 s/d 17 November 2021 lalu, tampilannya cukup memukau para penonton. Sehingga beberapa nomor yang diikuti untuk kategori I pun membuahkan hasil cukup manis, karena sebagai juara pun berhasil diraihnya.

Karena itu, debutannya di arena senam artistik tingkat Jateng dan DIY ini, putri ketiga atau bungsu tiga bersaudara pasangan Samijan dan Idatus Syafiah adalah kader-kader harapan para pesenam di Pati. Apalagi kedua orang tuanya yang sehari-hari karyawan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati yang SD negeri 01 Ngurensiti, mendukung sepenuhnya bakat serta kemampuan di olahraga senam.

Dengan demikian, papar ayahnya, Samijan, upaya putrinya untuk bisa meraih prestasi cukup membanggakan, hal itu harus dilakukan melalui proses ketekunan dalam  berlatih. ”Sedangkan latihannya di bawah bimbingan dan arahan langsung, Pak Kuswoyo dan Mas Yunior Dwija Sukarta,”ujarnya.

Teman satu klub Persani Pati, Zalfa Askayra Assegaf dan Lathisa Zahiratun Najma saat harus tampil dalam nomor beregu.(Foto:SN/dok-sam)

Sedangkan waktu berlatih, lanjutnya, dijadwalkan dalam sepekan harus dilakukan secara total, mulai dari Senin hingga Sabtu. Akan tetapi mengingat putri bungsunya ini tetap harus diberikan kesempatan bermain bersama anak-anak di lingkungannnya, dan juga harus bersama pula dengan kakaknya, maka kepada pelatih dimintakan dalam sepekan cukup empat kali berlatih.

Hal tersebut pun disetujui, sehingga dalam latihan sehari-hari diambil mulai dari Senin sampai dengan Kamis,  mulai pukul 14.00 sampai selesai. Sekarang tempat berlatihnya, pihak Persani Pati memanfaatkan fasilitas GOR Pesantenan, sehingga tiap hari harus mengantarnya ke Pati dan menungguinya selama latihan berlangsung.

Dari jerih payahnya itu, maka hasil yang diraih adalah prestasi cukup menggembirakan dan membanggakan saat harus tampil dalam Kejuaraan Senam Artistik Kategori I tingkat Jawa Tengah dan DIY yang berlangsung di Cilacap, 15 s/d 17 November lalu. Untuk nomor Balok Keseimbangan dalam babak final Widya (demikian sapaan akrabnya) meraih skore 8,53, sehingga meraih juara I, disusul teman satu klubnya, Lathisa Zahiratun Najma dengan skore 8,40 sebagai juara II.

Akan tetapi untuk Kategori I Nomor Palang Bertingkat, putrinya hanya menempati urutan V dengan skore 8,25, dan pesenam Zalfa Azkayra Assegaf dari Pati menempati urutan II dengan nilai 8,45. Sedangkan di nomor Meja Lompat, Widya Fatma Izzati menempati urutan III, tapi urutan I dan II ditempati teman satu klub, Zalfa Azkyra Assegaf serta Latiisha Zahiratun Najma.

Sementara itu, untuk Kategori I Nomor Beregu Tim Persani Pati yang terdiri dari Widya Fatma Izzati, Zalfa Azkayra Assegaf, dan Lathisa Zahiratun Najma berhasil mengumpulkan skore 98,50. ”Dengan demikian, tim beregu ini pun meraih juara I menyingkirkan pesainnya dari Karanganyar (juara II), dan Kebumen (juara III),”imbuh Samijan.