MDMC Pati Gelar Simulasi Penanganan Bencana dan Pendirian Tenda Darurat

0
30
Ketua penyelenggara kesiapsiagaan bencana dengan melalukan simulasi dan pendirian tenda darurat, Ahmad Dawam dari Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Pati (atas) dan para peserta simulasi (bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mengingat datangnya musibah bencana itu secara tiba-tiba, tidak peduli waktu pagi, siang, sore maupun malam hari, maka sangat dibutuhkan kesiapsiagaan para relawan pejuang kemanusiaan. Karena itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Pati, bersama Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) setempat, Kamis (9/Desember) 2021 kemarin menggelar simulasi penanganan bencana.

Dalam kegiatan yang berlangsung di halaman depan BPBD Kabupaten Pati, di pinggir jalan raya Pati Kudus KM 3,5 dan dibuka oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD setempat, Martinus Budi Prasetya, juga dilaksanakan pelatihan pendirian tenda darurat berukuran besar yang lazim disebut tenda pasukan. Pendirian tenda tersebut menjadi bagian managemen terpenting dalam penanganan bencana, karena tenda itu berfungsi sebagai markas para relawan dan juga sebagai tempat para pengungsi.

Karena itu, papar Martinus Budi Prasetyo, untuk pendirian tenda darurat meski kecil perannya tapi merupakan investasi dalam rangka meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan sebelum bencana terjadi. ”Mengingat hal tersebut, kami pun mengimbau kepada para relawan untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana yang datangnya secara tiba-tiba,”ujarnya.

Peserta simulasi dan pelatihan pendirian tenda darurat saat menghadapi terjadi bencana yang diikuti lebih dari 40 peserta, di halaman BPBD Pati, di pinggir jalan raya Pati-Kudus KM 3,5. (Foto:SN/aed)

Sementara Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati, Moh Asnawi dalam amanatnya antara lain menekankan, yakni pentingnya kesiapan mental dan fisik dalam menghadapi bencana. ”Karena itu kegiatan bongkar-pasang tenda darurat tersebut adalah merupakan bentuk pelatihan yang akan diikuti dengan pelatihan lainnya yang berkelanjutan,”tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Penyelenggara, Ahmad Dawam yang juga Ketua MDMC Pati menyampaikan, untuk kegiatan simulai dan pelatihan pendirian tenda darurat ini diikuti lebih dari 40 orang peserta. Berkait hal tersebut, pihaknya juga mendatangkan instruktur dari wilayah dan unsur relawanan.

Di antaranya, selain dari unsur relawan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) bersama Relawan AUM dan Ortom Muhammadiyah Pati. ”Dalam kesempatan ini juga diawali dengan apel siaga bencana, sekaligus untuk mengecek sejauh mana kesiapan para relawan MDMC yang kami lakukan di halaman Kantor PDM Pati,”imbuhnya.