Kelompok Gusdurian Pati Sambangi Beberapa Gereja di Malam Natal

0
220
Koordinator Gusdurian Pati Eddy Siswanto dan Kiai H Happy Rianto bersama Dandim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani SE serta Danramil 01 Pati, Kapten Inf Suyani saat mengunjungi Gereja Santo Yusuf, di Jl Kamandowo Pati.(Foto:SN/dok-ed) 

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sudah menjadi agenda rutin dalam upaya meningkatkan rasa toleransi di kalangan antarumat beragama di Pati, Kelompok Gusdurian selalu menyambangi kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh umat beragama yang bersangkutan. Hal tersebut tentu untuk merajut kebersamaan di antara umat yang berbeda keyakinan, agar tidak terjadi intoleran yang dampaknya akan berlanjut pada perpecahan.

Jika hal itu sampai terjadi, maka kita akan saling berselisih dan bermusuhan sebagai sesama umat manusia, hanya karena beda keyakinan. Padahal jika toleransi dan  kebersamaan dalam perbedaan tersebut sangatlah diperlukan sesuai kapasitas masing-kasing, seperti jika lima jari kita ini dalam bentuk jempol semua tentu tidak ada keindahan yang membedakan peran antara yang satu dan lainnya.

Karena itu, papar Koordinator Gusdurian baik Eddy Siswanto maupun Kiai H Happy Irianto, selama ini ternyata Gusdurian tetap mampu menjaga perbedaan sesuai dalam kapasitas dan peran serta tugas masing. ”Di antaranya, setiap malam menyambut datangnya perayaan Natal bagi para umat Kristiani, paling tidak kami meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke bebarapa gereja,”ujar Eddy Siswanto.

Gusdurian saat mengunjungi salah satu gereja lainnya, yaitu Gereja Injili Tanah Jawa (GITJ) di Pati pada malam perayaan Natal.(Foto:SN/dok/nn)

Saat berkunjung dan menyambangi pelaksanaan perayaan Natal di Gereja Santo Jusuf Pati, hal tersebut, lanjutnya, bersamaan dengan kunjungan Dandim 0718 Pati, Letkol Czi Adi Ilham Zamani SE. Ikut serta mendampinginya adalah Danramil 01 Pati Kota, Kapten Inf Suyani, untuk melakukan pemantauan secara langsung pada pelaksanaan misa Natal.

Akan tetapi, sebelum itu pihaknya bersama Kiai H Happy Irianto juga menyempatkan mengunjungi Pospam Natal di jalan raya Pati-Kudus KM 6,5. Tepatnya, di Pospam Dua Kelinci, dan juga di pos sama yang mengambil tempat di lingkungan Terminal Kembang Joyo, untuk menyerahkan makanan roti agar bisa dimanfaatkan oleh personel yang melaksanakan tugas di tiap-tiap pos tersebut.

Selain itu dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyerahkan bantuan beras sebanyak satu ton yang selanjutnya bisa diberikan kepada penjaga gereja. ”Harapan kami dari Gusdurian tak lain adalah, semoga dalam kesempatan perayaan Natal ini selalu melahirkan kedamaian bagi umat yang merayakan dan juga semakin meningkatnya kerukunan antarumat beragam di Pati Bumi Mina Tani, khususnya,”imbuh Eddy Siswanto.