Jepara Optimistis Capai Target Vaksinasi 70 Persen

0
Pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Jepara.(Foto:SN-dok-hp)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Capaian total vaksinasi dosis pertama di Jepara sampai Sabtu (25/Desember) 2021 kemarin, sudah sebesar 69,66 persen atau 642.613 dosis. Akan tetapi tim vaksinasi tiga pilar, yaitu Pemkab, Kodim dan Polres Jepara terus bekerja keras, untuk mencapai target vaksinasi berdasarkab Inmendagri 66/2021, yakni sebesar 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama.

Untuk mencapai target tersebut masih terdapat kekurangan 0,34 persen atau sekitar 2.985 orang sehingga tim tiga pilar terus bekerja secara sinergitas, dan koordinatif untuk mencapai target vaksinasi meskipun hari libur. ”Tim optimistis dapat mencapai target total vaksinasi itu,”tandas Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara, Muh Ali.

Sementara untuk vaksinasi tahap kedua, lanjutnya, telah mencapai 42,9 persen atau 395.594 orang. Sedangkan vaksinasi lanjut usia (Lansia) telah berhasil dilakukan untuk tahap pertama sebanyak 52.251 orang atau 52,67 persen dan 99.211 orang.

Untuk mencapai target 60 persen, papar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, dr Eko Cahyo Puspeno,  masih kurang 7.259 orang. Oleh sebab itu, ia mengajak semua warga Jepara untuk mendukung gerakan vaksinasi.

Vaksinasi Lansia dilakukan di rumah.(Foto:SN/dok-hp)

Karena itu, bagi yang mempunyai keluarga lansia, hendaknya proaktif mendaftarkan melalui bidan desa, perangkat desa , Babinsa, Bhabinkamtibmas yang ada. Dengan demikian, maka hal tersebut agar bisa dijadwalkan waktu vaksinasinya.

Kendati demikian, walau kerja keras tiga pilar baik Pemkab, Kodim dan Polres Jepara berhasil mencapai target, jangan kemudian abai vaksinasi bagi yang belum dan vaksinasi tahap kedua. ”Juga tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan hindari kerumunan,”imbuh Eko Cahyo Puspeno.(hp)