Hingga Akhir Tahun 2021, PT Pusri Salurkan 77 Persen Pupuk Subsidi Urea

0
33
Account Executive PT Pupuk Sriwidjaya Palembang Kabupaten Pati, Dimas Putra Ariyanto

SAMIN-NEWS.com, PATI – Account Executive (AE) PT Pupuk Sriwidjaya Palembang Kabupaten Pati, Dimas Putra Ariyanto mengatakan pemerintah menunjuk perusahaannya untuk menyalurkan pupuk subsidi jenis Urea di wilayah Pati.

Hingga Akhir Tahun 2021, PT Pusri Salurkan 77 Persen Pupuk Subsidi Urea

Ia mengatakan tahun 2021 ini Kabupaten Pati mendapat alokasi pupuk sebesar 44.500 ton. Pupuk tersebut disalurkan bagi petani yang telah terdaftar di sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) tani.

“Sampai dengan lenyaluran pupuk subsidi di Kabupaten hingga saat ini yang telah terserap tersalurkan mencapai 35 ribu ton atau setara sekitar 77 persen,” kata Dimas di kantornya, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut, ungkapnya melihat jumlah tersebut dengan sisa alokasi pupuk subsidi itu hingga akhir tahun dikatakan Dimas masih mencukupi kebutuhan para petani. Pasalnya jumlah tersebut terbilang masih cukup tinggi.

“InsyaAllah untuk kebutuhan pada tahun 2021 tersedia masih cukup banyak. Petani yang sudah terdaftar di e-RDKK kartu tani maupun secara manual langsung saja menebusnya dengan catatan yang masih memiliki alokasi ke pengecer di wilayahnya masing-masing,” ungkap.

Selain itu, kata dia PT Pusri pada puncak musim tanam tahun ini juga menyediakan stok pupuk Urea di gudang. Ini dilakukan untuk antisipasi ketika ada kebutuhan pupuk petani yang membludak. Jumlahnya yakni mencapai 3.500 ton.

Padahal, menurutnya jika mengacu ketentuannya itu hanya 2.700 ton, tetapi yang dilakukannya adalah dengan menyediakan di atas ketentuan ketersediaan stok di gudang.

Untuk mendorong agar pupuk segera terdistribusi dan penyerapan di lapangan kita pastikan sediakan di distributor dan kios. Supaya petani yang membutuhkan bisa langsung menebusnya di kios,” pungkasnya.