Hari Ini Bendung Blado Mulai Pasang Sayap Hulu Kiri

0
40
Bagian tanggul alur pelimpah aliran air sementara di lokasi paket pekerjaan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo yang bobol (atas) dan bagian tanggul untuk sayap hulu kiri yang siang ini akan dilakukan pemasangan batu belah.(bawah).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah beberapa hari terendam genangan air, mulai Jumat (3/Desember) siang ini, rekenan pelaksanaan pekerjaan paket Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Pati akan mulai melakukan pemasangan sayap hulu kanan bendung. Pelaksanaan pekerjaan tersebut sempat tertunda, termasuk pekerjaan konstruksi mercu yang juga terendam air sampai tidak kelihatan.

Akan tetapi, saat air geangan mulai mengering, paket pekerjaan yang disebut terakhir juga masih belum kelihatan karena ganti tertutup endapan lumpur. Sehingga untuk bisa melanjutkan pekerjaan itu, pembersihan lumpur harus dilakukan melalui upaya penyemprotan sampai akhirnya benar-benar bersih, barulah tindak lanjut pelaksanaan pekerjaan itu bisa diteruskan.

Pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Tari, ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan, tapi untuk kembali bekerja selalu dihantui ancaman cuaca, yaitu derasnya hujan dan juga gelontoran air dari daerah hulu di Lereng Patiayam. ”Akan tetapi, mudah-mudahan dengan dikeruknya bagian lokasi hilir, sodokan/pasangnya air kembali ke hulu sudah bisa dihindari,”ujarnya.

Lokasi pekerjaan hilir Bendung Blado yang sudah siap dilaksanakan adalah bagian sayap kiri hilir sepanjang 30 meter, tapi alur kali di bawahannya yang tidak menjadi bagian dari paket pekerjaan juga harus dilakukan.dengan alat berat ekskavator.(Foto:SN/aed)

Berkait dengan hal tersebut, lanjutnya, pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) dan pihaknya sudah sepakat melalui ”adendum” untuk memindahkan paket pekerjaan normalisasi di kawasan hulu alur kali itu. Panjang pekerjaan normalisasi seluruhnya adalah 1.400 meter, tapi yang 50 meter dikurangi dan di alihkan untuk normalisasi alur kali di hilir lokasi bendung.

Tujuannya, yaitu agar saat hujan dan masuknya sodokan air/pasang dari alur kali besar, Juwana, tidak lagi masuk ke lokasi proyek. Untuk pekerjaan tersebut juga sudah mulai dikerjakan. selama lokasi pekerjaan tidak tergenang atau kemasukan air maka hari ini sayap hulu kiri bendung sudah bisa dikerjakan.

Sebelum pemasangan konstruksi sayap, terlebih dahulu adalah pemasangan pondasi bawah yang tingginya mencapai 1,8 meter, dan barulah di atasnya dilakukan pemasangan bagian sayap hulu sepanjang 20 meter. ”Untuk meterial, baik batu, pasir, dan semen serta pekerja sudah siap di lokasi, asal tidak muncul gangguan cuaca,”imbuhnya.