H. Hardi Bantu Masyarakat Desa Koripandiyo Atasi Tanggul Jebol

0
38
Wakil Ketua II DPRD Pati, H Hardi bersama warga saat memperbaiki tanggul jebol di Desa Koripandiyo, Kecamatan Gabus, Jumat (10/12/2021)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wakil Ketua II DPRD Pati, H. Hardi membantu masyarakat Desa Koripandiyo, Kecamatan Gabus memperbaiki tanggul jebol. Secara khusus, pihaknya mendatangkan tanah untuk dijadikan sebagai penyangga sementara tanggul jebol tersebut.

Lantas, pihaknya turut berjibaku dengan masyarakat setempat gotong royong memperbaiki tanggul. Dampak jebolnya tanggul di Desa Koripandiyo itu airnya menggenangi dan merusak area persawahan khususnya tanaman padi.

“Sudah tiga hari ini masyarakat gotong royong sejak tanggul jebol itu. Ini kami bantu grosok secara pribadi untuk dijadikan garit,” kata Hardi, Jumat (10/12/2021).

Ia menyebutkan masyarakat berharap tanggul jebol bisa segera teratasi. Terlebih untuk saat ini tengah masuk musim hujan ketika tidak cepat diatasi maka banjir akan limpas ke area persawahan kembali dan memengaruhi gagal panen tanaman padi.

Untuk membantu mengatasi tanggul jebol, pihaknya  telah menghubungi BPBD setempat, namun dari BPBD Pati masih berkonsultasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Termasuk di antaranya di lokasi kejadian didatangkan dua alat berat, masing-masing dari Kodim dan BBWS.

“Mengatasi tanggul wajib menggunakan (urukan) tanah, kalau tidak maka tidak bisa. Ini sifatnya hanya sebagai tanggul sementara,” Hardi menjelaskan.

Termasuk di titik tikungan, harus dibuat bronjong. Artinya agar air tidak langsung melimpas di persawahan. Di sisi lain, bronjong dari batu besar dan diikat tali besi ini agar kuat menahan arus air tidak menggerus tanah yang dilalui.

Pihaknya mendorong semua anggotanya dari Fraksi Gerindra di masing-masing wilayah Kabupaten Pati untuk membantu meringankan masyarakat saat tertimpa musibah. Di antaranya, kata dia memantau dan terjun, utamanya di saat musim penghujan.